Kantor memiliki cukup banyak kebutuhan untuk menunjang kebutuhan operasional dan juga kelancaran dalam bekerja untuk semua pihak yang terlibat di dalamnya. Perlengkapan kantor ini cakupannya cukup luas dan perlu disesuaikan juga dengan tingkat fungsional dan krusialitasnya ketika ada atau tidak di dalam sebuah kantor.
Contoh Perlengkapan Kantor
Bingung untuk melengkapi kebutuhan kantor dan perlengkapan kantor? Jangan khawatir karena Anda bisa langsung cek semua penjelasan lengkapnya di bawah ini!
Kursi Kantor
Perlengkapan kantor pertama yang penting untuk ada di dalamnya adalah kursi kantor. Kursi menjadi komponen dan perlengkapan yang wajib ada untuk kebutuhan duduk dan bekerja yang lebih nyaman. Tentu saja kursi kantor ini beda dengan kursi lainnya selain mempertimbangkan keawetan juga harus yang nyaman ketika diduduki.
Kursi yang dibeli haruslah seragam dalam jumlah banyak sehingga antara satu karyawan dan karyawan lainnya tidak terjadi perselisihan. Bagian kerangkanya harus kuat dan bagian tempat duduknya harus yang empuk. Lebih disarankan menggunakan jenis kursi kantor yang ada rodanya sehingga lebih mudah dipindah-pindahkan.
Sumber: PaDi UMKM
Jenis kursi kantor yang bisa Anda gunakan adalah Kursi Kantor Ichiko Zalora. Kursi ini punya roda di bagian bawahnya yang bisa berputar atau menggelinding dan bisa dihentikan kapan saja saat dibutuhkan. Bagusnya bagian punggungnya cukup empuk dan bisa disesuaikan dengan tinggi tubuh yang duduk. Begitu juga dengan tempat dudukan pantas yang empuk jadi tidak sakit untuk duduk.
Dilengkapi dengan penyangga tangan di kanan dan kiri serta ukuran kursi yang reguler sehingga mampu menopang beban pengguna sampai dengan 100kg lebih. Kursi ini cukup fleksibel untuk dipindah-pindahkan maupun menyesuakan dengan gerakan penggunanya. Apalagi warnanya yang hitam membuatnya nampak lebih elegan untuk digunakan.
Laci Penyimpanan Serba Guna
Perlengkapan kantor kedua yang bisa dibeli adalah laci penyimpanan serba guna. Di area kantor tentu penting banget dibutuhkan adanya laci untuk menyimpan semua jenis dokumen dan juga barang agar tidak tercecer nantinya. Laci yang dibeli juga bukan laci kecil melainkan laci dengan tumpukan yang banyak terlebih jika digunakan untuk loker pekerja.
Sumber: PaDi UMKM
Anda direkomendasikan menggunakan produk Filling Cabinet 4 Laci Penyimpanan Serbaguna. Laci ini unik dan bagus banget untuk digunakan karena persatuannya sudah ada 4 cabinet yang luas cocok untuk menyimpan tas, buku maupun dokumen apapun lebih lengkap di dalamnya. Beratnya hanya sekitar 1000 gram saja dan terbuat dari plastik super ringan.
Perpaduan warna gradasi abu-abu muda dan tua membuatnya nampak lebih elegan untuk digunakan dan dipajang di mana saja sebagai inventaris kantor yang oke banget. Ukurannya super ringan jadi mudah dipindah-pindahkan di mana saja sesuai tempat yang cocok. Mengenai kekuatannya tidak perlu khawatir muatannya cukup besar dan stabil.
Lemari Kantor tanpa Pintu
Sumber: PaDi UMKM
Rekomendasi perlengkapan kantor ketiga yang tidak kalah penting dibeli adalah lemari kantor tanpa pintu. Kalau yang di atas tadi berupa laci yang ada penutup dan lebih tertutup namun yang satu ini modelnya lebih terbuka tanpa penutup. Biasanya digunakan untuk meletakkan atau menata pajangan maupun untuk menata dokumen yang banyak dipakai setiap hari.
Dikarenakan tidak ada penutupnya maka display bakalan terlihat lebih jelas. Terlebih jika digunakan untuk menata barang yang pasti dipakai setiap hari tentunya akan lebih praktis dan cepat dibandingkan harus mencari di dalam lemari yang tertutup. Anda bisa mencoba menggunakan lemari tanpa pintu dari bahan kayu.
Pilih yang ukurannya 80 x 40 x 1500 cm dengan berat yang ringan biasanya perpaduan dari multiplek jadi lebih mudah dipindah-pindahkan nantinya. Pilih yang warnanya kayu natural dan mengkilap sehingga lebih estetik dan cantik untuk dipajang di rumah. Lemari kayu multiplek penting banget untuk tidak didekatkan dengan ruangan yang lembab.
Kalaupun harus mepet tembok lebih baik tetap berikan jarak untuk menghindari adanya kelembapan yang menimbulkan pertumbuhan jamur pada lemarinya. Anda jangan khawatir karena lemari ini memiliki kekuatan yang maksimal untuk menopang semua barang dan benda yang ada di dalamnya. Sehingga kantor terlihat lebih rapi dan barang terdisplay dengan baik.
Tempat Alat Tulis Kantor 
Sumber: PaDi UMKM
Perlengkapan kantor keempat yang bisa dibeli adalah tempat alat tulis kantor. Kantor tentunya memiliki banyak banget alat tulis yang perlu ditata atau disimpan di atas meja sehingga perlu diberikan wadah agar tidak tercecer dan lebih rapi nantinya. Anda bisa membeli alat tulis kantor atau organizer yang bentuknya minimalis dan kuat.
Sehingga lebih awet dan bisa digunakan jangka panjang karena minim kerusakan. Salah satu rekomendasi model organizer atau tempat alat tulis adalah dari bahan kawat atau besi mirip keranjang dengan beberapa sekat yang ada di dalamnya. Jadi, wadah untuk bolpoin, pensil, spidol, penghapus dan lainnya juga bakalan beda.
Ukuran dimensi yang bisa dibeli adalah 10x10x10cm karena lebih aman untuk diletakkan di atas meja kantor dan tidak akan memakan lebih banyak tempat. Wadah ini juga cenderung lebih mudah dibersihkan dan tidak gampang berubah warnanya. Jangan lupa membeli yang warnanya hitam agar lebih netral dan menyatu dengan semua inventaris kantornya.
Alat Tulis Kantor
Perlengkapan kantor kelimanya adalah alat tulis kantor. Selain butuh beli wadah atau tempat alat tulis kantor Anda tentunya juga perlu membeli beragam alat tulis kantor untuk menunjang pekerjaan agar lebih lancar dan tidak perlu ke mana-mana sewaktu bekerja. Alat tulis ini biasanya berupa bolpoin, penghapus pen, spidol, penggaris sampai dengan stapler.
Ada juga beberapa kebutuhan alat tulis kantor yang penting seperti clip, amplop, stempel dan lainnya. Perlengkapan alat tulis kantor lain seperti display rak buku dan juga tempat untuk surat juga perlu ada. Semua itu harus tersedia lengkap di masing-masing meja karyawan sehingga mereka menjadi lebih nyaman dan mudah untuk bekerja.
Anda bisa menyesuaikan sendiri mana yang dibutuhkan untuk menunjang pekerjaan dan juga jenis pekerjaannya agar lebih mudah nantinya. Alat tulis ini modelnya cenderung barang habis pakai sehingga perlu diganti atau dibeli ulang paling tidak sebulan sekali beda dengan perlengkapan lainnya yang umurnya bisa sampai tahunan.
Sehingga penting untuk membeli langsung dalam jumlah grosir dan mencari produk dengan harga terjangkau agar tidak boncos nantinya. Dengan adanya supplier yang tepat maka bisa mendapatkan harga lebih murah dan juga bisa dapat bonus karena pembelian yang banyak. Hal ini akan mempermudah anggaran kantor untuk bisa lebih minim dari biasanya.
Belanja semua kebutuhan perlengkapan kantor lebih mudah langsung di UMKM PaDi saja. Platformnya aman dan transaksinya super simpel untuk dilakukan sampai tuntas. Anda bisa belanja lebih nyaman dan menentukan sendiri barang apa saja yang akan dibeli nantinya.