Di dalam perkantoran tentu saja membutuhkan beberapa jenis furniture yang gunanya untuk mempermudah pekerjaan seseorang menjadi lebih praktis untuk dilakukan. Selain itu, furniture kantor juga membuat penataan di dalam ruangan jadi lebih praktis dibandingkan tidak adanya furniture yang kumpuni terlebih dalam urusan penyimpanan.
Jenis Furnitur Kantor
Adapun jenis furniture kantor yang wajib ada untuk menunjang pekerjaan bisa langsung Anda cek semuanya di bawah ini!
Meja Rapat
Jenis furniture kantor pertama yang wajib Anda beli adalah meja rapat. Meja rapat ini gunanya untuk kebutuhan diskusi dari beberapa orang yang terlibat di dalamnya. Sehingga dari segi ukuran memang bakalan lebih besar dan lebar sehingga siapapun yang duduk dan menggunakan mejanya bisa lebih nyaman dan tidak terlalu berdekatan jaraknya.
Meja rapat ini harus disesuaikan juga dengan berapa banyak orang maksimal yang bisa menempati begitu juga dengan ukuran ruangannya sehingga tetap ada space yang membuat ruangannya tidak terlalu sempit untuk dilihat.
Lampu Meja
Jenis furniture kedua yang tidak kalah penting untuk ada di dalam kantor adalah lampu meja. Pencahayaan di dalam ruang kerja memang penting sekali terlebih jika konsep kantornya cukup tertutup sehingga sulit untuk mendapatkan penerangan dari luar atau secara alami sehingga lebih baik memang menambahkan lampu meja.
Lampu meja yang direkomendasikan adalah sudah bertipe LED sehingga lebih terang dan nyaman di mata. Jangan lupa juga untuk memperhatikan tata cara peletakannya di meja biar tidak mengganggu kinerja orang yang sedang bekerja begitu juga dengan ruang geraknya.
Workspace Station
Jenis furniture ketiga yang bisa dipertimbangkan penggunaannya adalah workspace station. Tempat ini sesuai dengan namanya memang digunakan untuk ruang kerja yang lebih intim biasanya untuk sekat ruang kerja yang langsung berisikan dengan banyak orang. Sehingga masing-masing pekerja tidak akan terganggu dengan pekerja lainnya.
Bagusnya workspace ini memang sudah ada laci dan meja yang mumpuni untuk menampung semua kebutuhan perlengkapan kerja begitu juga untuk ruang penyimpanannya. Dengan adanya workspace ini biasanya penataan di dalam ruangan juga menjadi lebih rapi dibandingkan hanya menggunakan meja dan kursi biasa saja.
Loker Penyimpanan
Jenis furniture yang keempatnya adalah loker penyimpanan. Di dalam sebuah kantor juga penting dibutuhkannya adanya loker yang gunanya untuk menyimpan dokumen penting atau barang pribadi yang kurang aman saat dibawa ke meja kantor. Laci atau loker umum ini memang serba guna banget bisa juga untuk menyimpan helm karyawan biar lebih aman.
Jangan lupa untuk memilih loker yang ukurannya sesuai dengan tempat atau ruang yang bakalan menjadi tempat dari laci tersebut. Dengan begitu lokernya bisa masuk dengan baik dan tidak akan membuat space menjadi terlalu sempit tentunya.
Sofa Tunggu Tamu
Jenis furniture yang kelimanya adalah sofa tunggu tamu. Sesuai dengan namanya sofa ini memang cocok digunakan untuk tempat duduk tamu atau klien yang ingin bertemu dengan direktur atau siapapun yang ada di kantor. Sehingga membuatnya lebih nyaman dan bisa lebih rileks terlebih jika harus menunggu dalam waktu yang lama.
Sofa yang dipilih bisa langsung dalam satu set atau bijian namun jangan lupa untuk tetap menyesuaikannya dengan ukuran dari ruangan yang bakalan Anda gunakan untuk ruang tunggu tamu tersebut. Pilih sofa yang empuk dan warnanya cocok dengan tema ruangan yang digunakan.
Papan Tulis
Jenis furniture yang keenamnya adalah papan tulis. Papan tulis ini tujuannya untuk mencatat hasil diskusi atau sesuatu yang perlu dirundingkan langsung dengan banyak orang sehingga lebih cepat memang langsung coret-coret di papan tulis saja. Biasanya papan ini juga digunakan untuk kebutuhan evaluasi tahunan atau bulanan.
Keberadaan dari papan tulis ini memang sangat menunjang kegiatan perkantoran. Nantinya bisa ditambah dengan adanya tabel-tabel untuk mempermudah presentasi yang dilakukan tentunya. Papan ini bisa berupa papan tulis spidol hitam maupun papan kapur meskipun saat ini sudah jarang yang menggunakannya.
Kabinet
Selain membutuhkan loker Anda juga penting mempertimbangkan adanya furniture ketujuh ini yakni kabinet. Kabinet memiliki manfaat khusus untuk menyimpan dokumen penting perusahaan sesuai dengan tanggal dan tahunnya. Jadi ketika dibutuhkan dan harus mencari dokumennya Anda tidak perlu repot membongkar banyak dokumen.
Tidak hanya itu namun kabinet juga banyak digunakan untuk menyimpan barang pribadi jika ukurannya memang lebih kecil apalagi langsung menyatu dengan meja kerja. Sehingga file penting atau barang penting bisa lebih dekat dengan jangkauan Anda. Tempat ini juga bisa digunakan untuk menyimpan alat tulis biar lebih aman di dalamnya.
Rak Buku
Jenis furniture yang kedelapannya adalah rak buku. Di dalam perkantoran juga ada yang namanya dokumen atau berkas penting yang ukurannya bisa setebal buku sehingga untuk membuatnya lebih rapi memang lebih baik langsung disimpan dalam rak buku. Sehingga lebih estetik dan juga tidak akan mengganggu pemandangan mata.
Selain itu simpan dokumen atau proposal penting namun rak buku juga bisa digunakan untuk menyimpan majalah yang berkaitan dengan perusahaan maupun koran penting harian untuk update berita. Rak buku ini bisa dibeli dalam beberapa ukuran biasanya untuk ukuran kecil disandingkan pada sofa tamu sebagai tempat koran dan majalah sehingga tamu tidak bosan menunggu.
Sementara untuk ukurannya yang lebih besar biasanya digunakan untuk menyimpan buku penting yang ada di dalam ruangan khusus. Jadi lebih mudah dicari dan langsung bisa diambil di tempat tersebut.
Kursi Kerja
Jenis furniture yang kesembilannya adalah kursi kerja. Selain membutuhkan adanya meja kerja tentu saja untuk menunjang kenyamanan juga membutuhkan kursi kerja. Kursi kerja yang dipilih harus yang nyaman dan bisa membuat tubuh lebih tegap terlebih ukuran tingginya juga harus disesuaikan dengan mejanya sehingga lebih seimbang untuk digunakan tentunya.
Cari yang bagian dudukannya lebih empuk dan bisa lebih fleksibel untuk digerak-gerakkan sesuai dengan kebutuhan. Dengan begitu Anda bisa lebih nyaman dalam bekerja.
Lemari Brankas
Jenis furniture yang kesepuluhnya adalah lemari brankas. Penting sekali untuk memilih tipe lemari yang tingkat keamanannya sangat baik untuk digunakan. Salah satunya adalah lemari brankas yang sudah dilengkapi dengan kuncian atau password sehingga tidak semua orang bisa membukanya dan hanya beberapa orang saja yang diberikan akses khusus untuk menggunakannya.
Dengan begitu penyimpanan ini juga bisa digunakan untuk menyimpan aset penting atau dokumen rahasia yang memang hanya orang tertentu saja yang boleh tahu apa isinya. Pilih lemari brankas yang ukurannya tidak terlalu besar sehingga tidak mencolok dan mengundang rasa penasaran banyak orang.
Anda tertarik untuk membeli banyak furnitur kantor dengan harga terjangkau? Jangan khawatir karena bisa langsung cek semuanya lengkap di PaDi UMKM saja. Ada banyak pilihan produk dengan diskon yang menarik hanya untuk Anda.