5 Rekomendasi Alat Tulis Kantor yang Wajib Ada

By Admin

23 Januari 2024, 10:45

Bagikan:

5-rekomendasi-alat-tulis-kantor-yang-wajib-ada-1

Kantor identik dengan perlengkapan alat tulis untuk mempermudah proses pendataan dan juga memasukkan semua informasi penting di dalamnya. Hanya saja ada yang bingung alat tulis kantor apa saja yang wajib ada. Sehingga penting untuk mempertimbangkan tingkat krusialitas untuk dibeli atau digunakan. 


Macam Macam Alat Tulis Kantor

Sumber: Freepik

Alat tulis kantor macamnya apa saja sih? Anda yang penasaran bisa langsung cek semua penjelasan macam-macam alat tulis kantor yang ada di bawah ini!

Kertas HVS 

Jenis alat tulis pertama yang perlu diketahui adalah kertas HVS. Kertas yang satu ini biasanya digunakan untuk banyak kebutuhan, yang paling utama adalah untuk mencetak atau print dokumen agar lebih mudah dibaca dibandingkan dibaca secara online dari file. Paling tidak di dalam kantor itu ada dua ukuran kertas HVS putih yakni F4 dan A4 sesuai dengan kebutuhannya. 

Biar lebih hemat bisa langsung beli dalam ukuran 1 rim sehingga tidak boncos mengingat kertas juga hanya sekali pakai dan kurang bisa dipakai berulang terlebih kalau dokumennya memang penting dan harus disimpan. Kertas HVS ini tidak ada salahnya untuk stok langsung banyak hanya saja perlu disimpan di tempat yang aman dari kelembaban. 

Alasannya adalah untuk menjaga tekstur kertas tetap bagus dan nggak mudah basah maupun menguning sebelum digunakan. Jangan lupa untuk menyimpannya dengan benar agar tidak tertekuk. Beberapa jenis printer kurang bisa mencetak dokumen maksimal dari kertas yang tertekuk sehingga hasilnya menjadi tidak merata nantinya. 

Bolpoin Tinta 

Jenis alat tulis kedua yang bisa digunakan adalah bolpoin. Bolpoin yang isinya berupa tinta ini bisa digunakan untuk mencatat atau menandai apapun yang penting sehingga lebih praktis untuk digunakan. Semua kantor wajib punya bolpoin bahkan setiap karyawan wajib ada bolpoin di mejanya masing-masing sehingga lebih mudah ketika membutuhkannya. 

Untuk kebutuhan kantor bisa membeli bolpoin dengan tiga jenis warna yakni merah, biru dan hitam meskipun proporsi penggunaan tinta hitam harus lebih banyak dibandingkan warna lainnya. Anda perlu membeli bolpoin warna hitam lebih banyak dibandingkan dengan warna lainnya. Pilih yang mudah dipegang dan tidak sakit ditangan sehingga tetap nyaman untuk digunakan. 

Pilih yang tintanya tidak mudah bocor maupun meluber dan ketika digunakan untuk mencatat lebih cepat kering. Sehingga bisa membuat hasil tulisan atau penanda yang lebih rapi dan tidak perlu menunggu lama untuknya kembali kering. 

Holder 

Jenis alat tulis ketiga yang perlu ada di kantor ketiganya adalah holder. Anda direkomendasikan untuk membeli holder yang bening sebagai wadah kartu identitas kantor sehingga lebih aman dan tetap mudah untuk dilihat isi maupun data di dalamnya. Clear holder ini biasanya bisa langsung beli dalam jumlah banyak jadi kalau kondisinya sudah lecek Anda bisa langsung ganti baru. 

Untuk mendapatkan holder yang bagus jangan lupa untuk cek kembali bahan yang digunakan pastikan ketebalannya pas dan tidak mudah lusuh untuk dipakai jangka panjang. Jangan lupa untuk memilih holder yang ukurannya pas sesuai dengan kebutuhan jangan yang terlalu kecil maupun besar karena fungsionalitasnya bakalan terganggu nantinya. 

Standing Whiteboard 

Jenis alat tulis keempat yang penting ada di kantor adalah standing whiteboard. Papan ini berwarna putih dan bisa digunakan untuk menulis apapun entah hasil rapat maupun pengumuman penting menggunakan spidol. Carilah papan standing yang bisa bolak-balik sehingga lebih mudah diisi dan dilihat dari sudut pandang manapun. 

Standing whiteboard ini bisa membuat pengguna lebih hemat karena apa yang sudah dicatat bisa dihapus menggunakan penghapus khusus. Sehingga bisa digunakan secara berulang dan kapan saja ketika dibutuhkan. Beli ukuran standing whiteboard yang pas sesuai dengan kebutuhan kantor jadi lebih tidak akan memakan ruang terlalu banyak nantinya. 

Spidol Whiteboard 

Jenis alat tulis selanjutnya yang perlu ada di kantor adalah spidol whiteboard. Spidol ini fungsinya erat banget digunakan bersamaan dengan standing whiteboard yang sebelumnya. Spidol ini terdiri dari beberapa warna hanya saja yang banyak digunakan di area kantor ada tiga jenis yakni hitam, merah dan biru.

Anda bisa membeli semuanya untuk mempermudah pembuatan data dan penandaan di dalamnya. Hanya saja memang yang lebih banyak untuk menulis adalah warna hitam jadi frekuensi pengadaan spidol warna hitam memang harus lebih banyak dibandingkan dua warna lainnya. 


Tips Membeli Alat Tulis Kantor 


Sumber: Freepik

Anda ingin membeli alat tulis kantor namun bingung? Jangan khawatir karena bisa langsung cek tips membeli alat tulis kantor lengkap di bawah ini!

Pahami Anggaran dan Kebutuhan Kantor 

Perlu dipahami kalau jenis alat tulis memang banyak dan meluas tentunya tidak semuanya langsung dibeli atau bahkan kurang fungsional di kantor. Untuk itu tips pertama yang perlu dilakukan adalah list dulu apa saja alat kantor yang dibutuhkan secara rinci lengkap dengan perkiraan jumlah yang perlu dibeli. 

Setelah itu barulah cek dengan budget atau anggaran yang diberikan kantor untuk membeli alat tulis. Jika ternyata masih ada sisa anggaran barulah bisa menambahkan apa yang sekiranya masih bisa dibeli dan juga berguna atau bisa juga menambah frekuensi alat tulis yang fungsinya sudah jelas sehingga tidak akan rugi ketika membelinya. 

Beli Langsung Grosiran 

Beli alat tulis kantor biasanya tidak mungkin hanya dalam jumlah satuan mengingat kebutuhannya yang banyak dan terperinci. Untuk itu lebih mudah Anda bisa langsung beli secara grosiran. Biasanya beli grosiran ini memungkinkan Anda bisa mendapatkan harga lebih terjangkau dan barang yang lebih lengkap dibandingkan dengan beli secara satuan. 

Mudah lagi jika Anda bisa menemukan suplier yang siap mengisi produk-produk yang habis untuk kebutuhan kantor sehingga nantinya lebih mudah dan tidak ribet untuk membelinya secara manual karena semuanya sudah langsung ada. 

Cek Kualitas dan Harga 

Tips selanjutnya yang perlu dilakukan adalah cek kualitas dan harga dari masing-masing alat tulis yang digunakan. Pastikan produknya memiliki kualitas bagus sehingga menunjang semua kinerja dan apa-apa yang dibutuhkan di kantor. Selain itu, jangan lupa untuk cek kesesuaian harganya juga dengan kantong dan anggaran kantor. 

Produk mahal belum tentu juga memberikan kualitas yang bagus jadi cek-cek rekomendasi berdasarkan review dan ulasan pengguna sebelumnya juga tidak ada salahnya untuk dilakukan. Pastikan menemukan brand atau produk yang bisa digunakan jangka panjang atau bisa dibeli secara berulang sehingga Anda tidak akan repot nantinya. 

Selalu cek naik turunnya harga jangan sampai salah membeli untuk menjaga perputaran yang kantor tetap terjaga dengan baik tentunya. 

Tertarik untuk mencari kebutuhan alat tulis kantor yang banyak dan terjangkau harganya? Jangan lupa untuk cek dan beli di UMKM PaDi saja. Ada banyak pilihan produk dengan harga terbaik.


Artikel Lainnya