5 Rekomendasi Barang Elektronik Kantor Berkualitas

By Admin

11 Juni 2024, 13:20

Bagikan:

5-rekomendasi-barang-elektronik-kantor-berkualitas

Selama beberapa tahun terakhir, teknologi telah berkembang begitu pesat menjadikannya bagian penting dari kehidupan kita sehari-hari, baik di rumah maupun di kantor. Ada beragam barang elektronik kantor yang sangat membantu melancarkan aktivitas operasional sehari-hari dan mendukung karyawan menjadi lebih produktif. 

Beberapa contoh barang elektronik kantor yang sangat esensial adalah komputer, printer, scanner, dan masih banyak lagi. Apa saja alat elektronik uang dibutuhkan kantor? Simak juga pentingnya memiliki alat elektronik yang dibutuhkan di kantor di bawah ini. 

Sumber : Freepik

Rekomendasi Barang Elektronik Kantor yang Wajib Dimiliki

Ini dia 5 rekomendasi barang elektronik kantor berkualitas yang penting untuk dimiliki:

1. Kabel Jumper Supreme

Perusahaan membutuhkan kabel jumper untuk menghubungkan 2 komponen tanpa menggunakan solder, karena di tiap ujungnya ada pin konektor. Gunakan kabel jumper yang berkualitas, seperti Kabel Jumper Supreme yang bisa didapatkan dengan harga Rp 650 ribuan. Kabelnya panjang, sehingga mampu menghubungkan berbagai komponen di kantor. 

2. Scanner Epson V39

Butuh memindai berbagai dokumen di kantor? Pastikan menyediakan scanner di kantor untuk memindai dokumen maupun gambar supaya bisa disimpan dalam format digital. Salah satu scanner yang kualitasnya terjamin adalah Scanner Epson V39 yang harganya Rp 1.2 jutaan, yang tipenya adalah Flatbed Color Image Scanner.

Kecepatan memindai scanner Epson V39 adalah Color 300 dpi app kira-kira 10 detik via USB 2.0 2. Sementara untuk Color 600 dpi kira-kira kecepatannya 30 detik via USB 2.0 2. Kedalaman warna yang dihasilkan adalah 48-bits per internal pixel atau 24-bits per eksternal pixel. Area maksimal memindainya Flatbed 8.5 inci x 11.7 inci. 

Scanner Epson V39 sangat fleksibel karena kompatibel dengan berbagai macam sistem operasi. Mulai dari Windows 7, Windows 8, Windows 8.1, Windows Vista, Windows XP SP2, MacOS X 10.6.x, 10.7.x, 10.8.x, 10.9.x dan 10.10.x. Dimensi scanner ini adalah 9.9 x 14.4 x 1.5 inci. 

3. Printer Barcode Zebra ZD220

Barang elektronik yang ketiga ini juga dibutuhkan jika di kantor memerlukan cetak barcode dalam kegiatan sehari-hari. Gunakan printer barcode yang berkualitas, seperti Printer Barcode Zebra ZD220 yang dibanderol dengan harga Rp 3.2 jutaan. Dimensi printer barcode ini adalah 40 x 30 x 20 cm, dengan bobot 4 kg saja. 

Metode cetak printer barcode dari Zebra ini adalah Thermal Transfer atau Direct Thermal. Resolusi cetaknya adalah 203 dpi (8 dots/mm), sementara kecepatan cetaknya mencapai maksimal 4 lps (102 mm/s). Luas area cetak maksimalnya 4.16 inci atau 105 mm, sementara panjangnya adalah 43 inci atau 1092 mm. 

Tipe sensor printer barcode Zebra adalah Reflective Used for Gap & I-mark, Tipe medianya adalah Roll dan Fanfold. Panjang pitanya 110 x 74 meter dan antarmukanya menggunakan USB. Selain itu, printer ini bisa mencetak menggunakan label semi coated dan thermal. Dalam paket pembelian, sudah termasuk garansi resmi selama 1 tahun. 

4. Printer Epson L1210

Meski sekarang banyak dokumen yang sudah bisa disebarkan secara digital, tapi banyak perusahaan yang tetap menggunakan dokumen fisik. Pastikan untuk memilih yang kualitasnya terjamin seperti Printer Epson L1210 yang harganya Rp 2.2 jutaan. Printer ini bisa digunakan untuk cetak dokumen hitam putih biasa maupun foto dengan hasil warna yang cerah dan tajam. 

Cetakan fotonya berukuran 10 x 15 cm atau 4 x 6 inci. Kecepatan cetak fotonya adalah 69 detik per detik untuk foto border, sementara foto borderless kecepatannya 90 detik per foto. Dimensi printer Epson ini adalah 38 x 35 x 17 cm dengan bobot 3.77 kg. 

Printer ini dilengkapi dengan 1 tempat kertas yang bisa dimasukkan kertas dengan kapasitas:

  • 100 lembar kertas biasa (80 g/m2)
  • 20 lembar kertas Premium Glossy Photo Paper. 

Ukuran kertas yang bisa digunakan di printer Epson L1210 adalah:

  • Legal (8.5 x 14 inci)
  • Indian Legal (215 x 345 mm)
  • 8.5 x 13 inci
  • Letter
  • A4
  • 16K (195 x 270 mm)
  • B5
  • A5
  • B6
  • A6
  • Hagaki (100 x 148 mm)
  • 5 x 7 inci
  • 5 x 8 inci
  • 4 x 6 inci
  • Envelopes #10
  • DL
  • C6.

5. Mouse Wireless LOGITECH M170

Rekomendasi yang terakhir ini juga sangat penting untuk kebutuhan di kantor. Mouse bisa digunakan untuk komputer maupun laptop untuk mempermudah berbagai kinerja karyawan. Pastikan pilih yang terbaik, seperti Mouse Wireless LOGITECH M170 yang dipasarkan dengan harga Rp 150 ribuan. Mouse ini kompatibel dengan sistem operasi Windows 7, Windows 8, Windows 10, Windows 11, MacOS X 10.8, Chrome OS, dan Linux kernel 2.6+. 

Mouse Logitech ini lebih nyaman digunakan karena tanpa kabel. Jaraknya mampu mencapai maksimal 10 m. Di dalamnya sudah menggunakan baterai ukuran AA cukup 1 unit saja. Pilihan warnanya hanya satu, yaitu perpaduan abu-abu tua dan hitam. 

Pentingnya Barang Elektronik di Kantor

Ada beberapa keunggulan menggunakan barang elektronik yang tepat di kantor. Di antaranya adalah:

1. Menjadikan Bisnis Lebih Kompetitif

Jika perusahaan tidak memanfaatkan solusi teknologi modern yang ada saat ini, kemungkinan besar perusahaan akan tertinggal jika dibandingkan dengan kompetitor. Karena itu, tidak ada kata terlambat untuk beralih ke teknologi dan menggunakan sistem digital. Tentu saja, harus memilih alat elektronik yang memang dibutuhkan di sektor industri tersebut. 

2. Meningkatkan Komunikasi dan Kolaborasi

Teknologi telah menjadikan komunikasi dengan orang lain menjadi lebih mudah dari sebelumnya. Hal ini tentu saja penting dalam lingkungan perusahaan saat ini, karena mulai banyak karyawan yang bekerja dari rumah. Platform yang berbasis cloud seperti Zoom dan Microsoft Teams semakin sering digunakan. Untuk dapat menggunakannya, tentu dibutuhkan perangkat yang sangat mendukung. 

3. Meningkatkan Efisiensi dan Produktivitas

Penggunaan teknologi yang tepat di tempat kerja dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi perusahaan dengan sangat krusial. Proses yang dulunya dilakukan secara manual dan memakan waktu lama, kini dapat dicapai dengan cepat dan efisien menggunakan alat, aplikasi, dan berbagai sistem digital. 

Karena peralihan digital ini, perusahaan tentu perlu menggunakan berbagai barang elektronik yang maju di kantor. Dengan begitu, berbagai tugas yang penting dapat dikerjakan dengan lebih baik, cepat, dan hasilnya pun memuaskan.

Alat elektronik yang tepat akan memajukan produktivitas di perusahaan. Jika membutuhkan salah satu dari 5 rekomendasi barang elektronik kantor di atas, langsung saja dapatkan di website PaDi UMKM, platform penyedia produk dan jasa dari UMKM terbesar di Indonesia. Produknya variatif dan kualitasnya terjamin, yuk belanja di PaDi UMKM sekarang juga sambil mendukung para pegiat UMKM tanah air! 



Artikel Lainnya