Komitmen PaDi UMKM Membangun Loyalitas Melalui Program Collection Campaign

By Admin

23 Mei 2025, 09:00

Bagikan:

komitmen-padi-umkm-membangun-loyalitas-melalui-program-collection-campaign

PaDi UMKM hadir sebagai solusi digital bagi UMKM di Indonesia. Sebagai marketplace B2B, PaDi UMKM terus berkomitmen membangun dan menjaga hubungan kepada pengguna. Tidak hanya sebagai marketplace, PaDi UMKM juga aktif dalam memberikan edukasi serta  pendampingan kepada UMKM agar dapat berkembang dan bersaing di pasar digital.

PaDi UMKM sebagai sebuah platform memahami bahwa pentingnya pengalaman pelanggan - dalam hal ini Penjual dan Pembeli - sehingga menyediakan berbagai fitur dan program yang bisa memenuhi kebutuhan pengguna. PaDi UMKM secara konsisten menghadirkan solusi inovatif untuk memudahkan transaksi antara UMKM dan BUMN, Pemerintah, serta Swasta, salah satunya melalui program Collection Campaign. Berawal dari koleksi yang dibuat untuk kemudahan transaksi saat Bazar, lalu PaDi UMKM terus berinovasi dengan menghadirkan Collection Category Campaign.

Inisiasi ini terbentuk sejak tahun 2023, dengan melihat kebutuhan pengguna dalam mencari vendor, melakukan analisa harga, dan perbandingan produk. Tidak hanya itu, jika dilihat dari sisi UMKM bertujuan untuk meningkatkan exposure, karena produk akan muncul di halaman depan, dengan begitu kesempatan produk ditransaksikan akan lebih besar. Oleh karena itu, PaDi UMKM membuat Collection Campaign per kategori produk, kemudian dikembangkan dengan konsep tematik campaign.

Bagi UMKM yang diikutsertakan dalam program Collection Campaign tidak dikenakan biaya admin fee, dan juga PaDi UMKM mengiklankan program ini, sehingga diharapkan program ini menjadi dorongan bagi UMKM untuk tumbuh dan berkembang dalam jangka panjang.

Sumber: PaDi UMKM


Mengenal Collection Campaign PaDi UMKM

Collection Campaign merupakan koleksi produk atau jasa yang dikelompokkan dalam satu tema, kategori, atau kebutuhan tertentu yang telah melewati proses kurasi, mulai dari kelayakan produk, stok produk, foto produk, sampai kapasitas pesanan dari Penjual. Sehingga, setelah proses kurasi ini, produk akan muncul di halaman depan website PaDi UMKM. Dirancang untuk mendorong atau meningkatkan transaksi penjualan bagi UMKM, dan tentunya juga menjadi kemudahan untuk Pembeli dalam menemukan produk unggulan. "Collection Campaign dijalankan dengan 2 (dua) pendekatan. Pertama, menawarkan kepada seller dengan pengisian data melalui form, dan yang kedua, berdasarkan data seller yang telah dikurasi", Mega Tri Agustina,  Head of SME Growth & Education Community.


Pencapaian Collection Campaign

Setelah berjalan sampai awal 2025 ini, terdapat 12 tematik collection campaign yang dijalankan dan berhasil mencatatkan 16.505 total transaksi, dengan nominal transaksi mencapai 400,289,474,232. Mega Tri Agustina menyampaikan bahwa hasil program tematik collection campaign PaDi UMKM ini dipantau melalui dashboard CVR (convention rate), "Data based on CVR, selain itu meningkatkan kepercayaan bagi pengguna dan traffic terhadap program-program marketing activation yang dilakukan dengan collection, seller yang belum dikenal tokonya maupun produknya menjadi bisa dikenal, buyer menjadi lebih mudah jika mencari produk serta harga pembanding, langsung masuk ke koleksi sesuai kategori yang dibutuhkan".


Bertumbuh Bersama PaDi UMKM, Sinar Abadi Capai Hasil Luar Biasa

Sinar Abadi berdiri pada 30 September 1987, yang bergerak di bidang penyedia Peralatan dan Perlengkapan Kantor, serta Peralatan Elektronik. Pada tahun 2020, sejak pertama PaDi UMKM diluncurkan, Sinar Abadi memutuskan untuk bergabung. 

Ronald, selaku owner Sinar Abadi menyampaikan bahwa PaDi UMKM memberi kemudahan untuk bisnisnya, "Proses pembelian dan penagihan menjadi lebih mudah, serta membuka peluang bisnis kami dengan jangkauan lebih luas, sehingga lebih banyak penambahan customer dan jenis barang yang dipesan". Dalam satu bulan, Sinar Abadi bisa mendapatkan rata-rata 50 transaksi, dan pada periode Januari hingga pertengahan Februari 2025 berhasil mencapai lebih dari 100 transaksi, tentunya masih akan terus meningkat. 

Setelah 4 tahun lebih merasakan kemudahan dan keuntungan, Sinar Abadi berhasil mencatatkan keberhasilan bersama PaDi UMKM dengan peningkatan pendapatan yang dirasakan. Peningkatan terjadi sekitar 20-30 persen dengan jumlah angka mencapai 4 miliar hingga 5 Miliar dalam setahun.

Sinar Abadi menjadi salah satu seller yang ikut andil dalam Collection Campaign PaDi UMKM yang bertema #PastiHoki. "Iya saya mengetahui bahwa di PaDi UMKM memiliki koleksi, dan menurut saya sedikit banyak pasti ada pengaruhnya bagi seller", ujar Ronald.

Melalui program Collection Campaign, PaDi UMKM tidak hanya menjadi marketplace untuk bertransaksi, melainkan jadi mitra strategis bagi UMKM dalam menciptakan ekosistem bisnis berkelanjutan dan mendorong pertumbuhan perekonomian Indonesia. 


Mari tumbuh bersama PaDi UMKM, gabung sekarang sebagai Penjual dan Pembeli di sini. Kunjungi laman instagram resmi PaDi UMKM untuk mendapatkan update terbaru, termasuk collection campaign yang sedang berlangsung.


Artikel Lainnya