Maksimalkan Iklan dengan Media yang Tepat

By Admin

26 Agustus 2024, 10:53

Bagikan:

maksimalkan-iklan-dengan-media-yang-tepat

Media iklan merupakan saluran, wadah, atau platform yang digunakan untuk menyampaikan atau mempromosikan produk, layanan, pesan dari sebuah perusahaan atau individu. Pemasangan iklan melalui sebuah media, menjadi langkah yang efektif untuk menjangkau masyarakat luas. Pemilihan media iklan yang tepat sangat penting sehingga dapat mencapai target audiens guna mendapatkan informasi yang ditujukan.

Namun, tahukah Anda apa itu iklan? Iklan adalah bentuk komunikasi yang digunakan untuk sebagai alat pemasaran dalam mencapai tujuan bisnis. Iklan bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang merek atau pesan tertentu, dan mendorong audiens untuk mengambil suatu tindakan. Iklan dapat disebarluaskan melalui pilihan berbagai media, yang terdiri dari media cetak, media elektronik, media digital, media luar ruang (out-of-home), dan iklan sosial. Selain itu, terdapat iklan komersial, artinya memerlukan anggaran tersendiri, namun ada media iklan yang bisa digunakan tanpa biaya atau secara organik.


Sumber: Freepik


Beriklan Melalui Media Digital

Di era digital, media iklan juga telah mengikuti perkembangan teknologi secara pesat dan menawarkan berbagai platform yang bisa menjadi strategi sesuai dengan kebutuhan bisnis. Anda perlu memilih media iklan yang tepat, sehingga iklan yang dilakukan dapat mencapai hasil yang maksimal. Berikut media digital yang dapat Anda manfaatkan untuk beriklan, di antaranya:

1. Media Sosial

Media sosial merupakan platform digital yang dapat digunakan sebagai media iklan, sehingga memungkinkan untuk menentukan target audiens yang spesifik berdasarkan perilaku, minat, demografi, bahkan dapat ditargetkan di sisi profesional. Jenis iklan yang dapat dilakukan dalam media sosial, mulai dari awareness hingga konversi. Platform media sosial terdiri dari Facebook, Instagram Ads, TikTok Ads, LinkedIn, serta Youtube.

2. Search Engine Marketing (SEM)

Media digital yang dapat dimanfaatkan untuk beriklan adalah Google Ads yakni bagian dari Search Engine Marketing (SEM), karena bisa menampilkan iklan yang relevan berdasarkan dengan kata kunci yang memiliki volume atau angka pencarian tinggi oleh pengguna. Dengan kata lain, Iklan melalui Google Ads berbasis pencarian pengguna pada saat mencari kata kunci tertentu. Iklan melalui Google Ads memerlukan biaya tersendiri, sehingga Anda perlu menyiapkan budget khusus untuk melakukan iklan.

3. Search Engine Optimization (SEO)

Selain itu, media iklan lain yaitu Search Engine Optimization (SEO), merupakan iklan dengan mengoptimalkan konten agar muncul di pencarian organik. Konten dapat berupa artikel, blog, atau landing page yang disesuaikan dengan kata kunci yang relevan. 

4. Website

Media iklan lain yang dapat digunakan melalui sebuah website. Pemasangan iklan dapat berupa sebuah banner atau iklan grafis yang muncul di situs web yang relevan dengan target audiens yang ingin diraih. Iklan melalui sebuah website bisa digunakan sebagai media awareness sebuah merek dan juga untuk meningkatkan penjualan suatu produk atau jasa.


Tingkatkan Visibilitas dengan Ads Placements di PaDi UMKM

PaDi UMKM menawarkan suatu program ads placements yang dapat dimanfaatkan oleh Penjual PaDi UMKM atau mitra perusahaan, baik dari kalangan BUMN maupun perusahaan swasta. Tentunya melalui program ini, PaDi UMKM juga menawarkan keuntungan-keuntungan yang bisa Anda dapatkan, dengan harapan dapat memberikan dampak positif untuk perkembangan bisnis Anda. Ads placements menjadi media yang bisa Anda manfaatkan dalam mengembangkan bisnis untuk menjangkau pasar yang lebih besar, meningkatkan kredibilitas, visibilitas perusahaan atau penjualan produk Anda. Pemasangan iklan di PaDi UMKM memiliki prosedur yang mudah. Untuk mengetahui lebih lanjut terkait program atau layanan ads placement ini, Anda dapat menghubungi email marketing PaDi UMKM. Temukan dan ikuti instagram PaDi UMKM untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.


Artikel Lainnya