Pembaruan Kata Sandi Untuk Keamanan Digital di PaDi UMKM

By Admin

28 Februari 2025, 15:08

Bagikan:

pembaruan-kata-sandi-untuk-keamanan-digital-di-padi-umkm

Di era modern dan serba digital saat ini, proses transaksi jual beli menjadi lebih mudah dengan adanya berbagai macam marketplace seperti PaDi UMKM. Namun, dibalik kemudahan yang ditawarkan terdapat berbagai risiko terkait keamanan digital, salah satunya adalah kehilangan akses dan kontrol akun yang dapat menghambat kegiatan transaksi di marketplace.

Ada banyak cara digunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab untuk mendapatkan akses akun, seperti menyebarkan link phising, berpura-pura menjadi tim PaDi UMKM, meminta kode OTP (One Time Password), dan lain sebagainya. Maka dari itu, penting bagi setiap pengguna PaDi UMKM untuk menjaga kerahasiaan akun dan informasi pribadi seperti:

1. E-Mail

Lindungi akses email Anda agar terhindar dari peretasan dan pencurian data dan pastikan e-mail yang terdaftar di PaDi UMKM adalah akun aktif karena untuk setiap proses verifikasi di PaDi UMKM akan melalui e-mail.

2. Kata Sandi

Jaga keamanan dan kerahasiaan kata sandi, serta atur kata sandi minimal 8 karakter dengan menggunakan kombinasi huruf besar, huruf kecil, dan angka agar tidak mudah diketahui oleh orang lain.

3. Kode OTP

Kode OTP merupakan kode verifikasi untuk memberikan akses login. Kode OTP bersifat rahasia, pastikan untuk tetap waspada, dan tidak memberikan kode OTP kepada pihak manapun, termasuk kepada pihak yang mengaku sebagai tim PaDi UMKM.

4. Nomor Handphone

Pastikan nomor handphone terhubung ke Whatsapp untuk meningkatkan keamanan, mempermudah komunikasi, dan lain sebagainya. Perubahan nomor handphone dapat dilakukan secara mandiri dengan proses verifikasi via OTP ke Email pengguna. Pastikan nomor handphone terhubung ke Whatsapp untuk menjaga keamanan, komunikasi, dan verifikasi akun.

Sumber: Pixabay


Peningkatan Keamanan Akses Dashboard Seller di PaDi UMKM

Dalam rangka meningkatkan keamanan Akun Seller, PaDi UMKM kini menerapkan Multi-Factor Authentication (MFA) untuk Login Akun Penjual. MFA adalah metode keamanan yang mengharuskan pengguna untuk memberikan lebih dari satu faktor verifikasi saat login atau mengakses akun yang bertujuan untuk memastikan identitas pengguna sebelum memberikan akses ke suatu sistem atau layanan. Metode ini dapat membantu meningkatkan keamanan digital karena akan lebih sulit bagi hacker untuk mengakses akun tanpa memiliki akses ke semua faktor yang diperlukan. 

Sebagai bagian dari peningkatan ini, Sobat PaDi diwajibkan untuk melakukan pembaruan kata sandi dan melakukan verifikasi Kode OTP yang dikirim ke email terdaftar. Namun, sebelum mengikuti langkah-langkah untuk melakukan pembaruan kata sandi, Sobat PaDi diharapkan untuk lebih memperhatikan dengan teliti saat memasukkan kode OTP, agar akun tidak terkunci secara otomatis karena adanya limitasi Percobaan Verifikasi OTP dan keamanan akun. Demi keamanan, jika Sobat PaDi melakukan kesalahan saat memasukan OTP, sistem kami akan secara otomatis melakukan penguncian akun dan blokir secara bertingkat, dengan ketentuan sebagai berikut:

Aturan Limitasi OTP Login

  1. Anda diberikan 3 kali kesempatan untuk memasukan kata sandi dan OTP. Jika Anda salah memasukkan kata sandi ataupun OTP sebanyak 3 kali percobaan, maka akun akan dikunci selama 1x24 jam. 
  2. Setelah 1x24 jam, Anda punya 1 kali kesempatan (dihitung sebagai percobaan ke-4) untuk memasukkan kata sandi ataupun OTP. Jika Anda salah memasukkan kata sandi ataupun OTP pada tahap ini, maka akun akan dikunci lagi selama 7x24 jam.
  3. Setelah 7x24 jam, Anda punya 1 kali kesempatan (dihitung sebagai percobaan ke-5) untuk memasukkan kata sandi ataupun OTP. Jika salah memasukan kata sandi ataupun OTP pada tahap ini, maka akun Anda akan diblokir sementara sampai Anda mengajukan banding ke CS PaDi UMKM.
  4. Setelah Anda berhasil login, hitungan jumlah percobaan akan kembali di reset ke 0.

Aturan Limitasi OTP perubahan kata sandi

  1. Anda diberikan 3 kali kesempatan untuk memasukkan OTP. Jika Anda salah memasukan OTP sebanyak 3 kali percobaan, maka akun akan dikunci selama 1x24 jam.
  2. Setelah Anda berhasil mengubah kata sandi, hitungan jumlah percobaan akan kembali di reset ke 0.


Jika Anda sudah memahami pada aturan di atas, selanjutnya Anda dapat mengikuti langkah berikut untuk dapat melakukan pembaruan kata sandi, dan kembali mengakses menu di Dashboard Seller PaDi UMKM:

1. Akses dashboard Seller melalui tautan https://seller.padiumkm.id/login dan login dengan kata sandi lama. 

2. Setelah memasukan kata sandi, Sobat PaDi akan diminta memasukkan 6 digit kode OTP yang dikirimkan ke email terdaftar.

3. Cek email dengan subject "Verifikasi Login OTP" untuk mendapatkan 6 digit kode OTP. Notes: Jika OTP tidak masuk ke Inbox, pastikan untuk mengecek di bagian Spam atau Junk.

4. Salin 6 Digit Kode OTP dalam body text email tersebut untuk dimasukan ke halaman login PaDi UMKM.

5. Paste atau salin 6 digit kode OTP dari email ke halaman login Dashboard Seller PaDi UMKM.

6. Setelah berhasil login, Sobat PaDi akan diminta untuk melakukan pembaruan kata sandi. Dengan kriteria minimal 8 karakter yang terdiri dari huruf besar, huruf kecil, dan angka. Sobat PaDi tidak bisa mengakses menu lain sebelum melakukan pembaruan tersebut.

7. Setelah memasukan kata sandi baru, Sobat PaDi akan diminta untuk memasukkan 6 digit kode OTP yang dikirimkan ke email terdaftar (berbeda dengan kode OTP yg sebelumnya saat login). 

8. Cek email dengan subject "Konfirmasi Perubahan Kata Sandi" untuk mendapatkan 6 digit kode OTP. Notes: Jika OTP tidak masuk ke Inbox, pastikan untuk mengecek di bagian Spam atau Junk.

9. Salin 6 Digit Kode OTP dalam body text email tersebut untuk dimasukan ke halaman pembaruan kata sandi di PaDi UMKM.

10. Paste atau salin 6 digit kode OTP dari email ke halaman pembaruan kata sandi di Dashboard Seller PaDi UMKM.

11. Sobat Padi akan menerima email pemberitahuan bahwa perubahan Kata Sandi telah Berhasil.

12. Akun Sobat PaDi akan secara otomatis Log Out, lalu silahkan login kembali dengan kata sandi yang baru.

13. Sobat PaDi akan kembali diminta memasukan 6 digit kode OTP yang dikirimkan ke email terdaftar (berbeda dengan kode OTP yg sebelumnya). 

14. Cek email dengan subject "Verifikasi Login OTP" untuk mendapatkan 6 digit kode OTP. Notes: Jika OTP tidak masuk ke Inbox, pastikan untuk mengecek di bagian Spam atau Junk.

15. Salin 6 Digit Kode OTP dalam body text email tersebut untuk dimasukan ke halaman login PaDi UMKM.

16. Paste atau salin 6 digit kode OTP dari email ke halaman login Dashboard Seller PaDi UMKM.

17. Selamat, saat ini Sobat PaDi sudah bisa login dan mengakses seluruh menu di Dashboard Seller dengan lebih aman.


Dengan berbagai kemajuan teknologi yang ada, penting bagi pelaku UMKM untuk memahami bahwa keamanan akun adalah aset yang harus dijaga dengan baik. Jangan mudah percaya kepada pihak yang mengatasnamakan PaDi UMKM tanpa verifikasi yang jelas. Hindari pesan-pesan yang meminta informasi pribadi dan verifikasi keamanan akun. Tetap waspada, perkuat keamanan akun, dan lakukan pencegahan untuk menghindari risiko penyalahgunaan akun untuk memastikan usaha dapat berjalan dengan lancar. Apabila terjadi penyalahgunaan data pribadi Anda bisa melaporkan akun atau aktivitas mencurigakan kepada tim kami melalui Email (cs@padiumkm.id) dan WhatsApp CS PaDi UMKM. Kunjungi instagram PaDi UMKM untuk informasi lebih lanjut mengenai perlindungan akun dan informasi lainnya.


Artikel Lainnya