Pentingnya Rating Toko dalam Menarik Pembeli

By Admin

15 Februari 2024, 09:32

Bagikan:

pentingnya-rating-toko-dalam-menarik-pembeli

Dengan perkembangan teknologi yang begitu cepat. Bukan hal aneh bagi para Pembeli yang memanfaatkan kondisi tersebut untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas waktu. Salah satunya adalah menggunakan platform online shopping dalam transaksi jual-beli. Platform online shopping memudahkan Pembeli dalam memenuhi kebutuhan mereka tanpa harus keluar rumah. Walaupun begitu, Pembeli dapat memilah toko yang ingin dibeli produknya dengan melihat rating/penilaian toko. 


Rating/penilaian toko adalah standar penilaian toko berdasarkan kepuasan layanan Penjual kepada Pembeli. Standar ini diperoleh dari kumpulan penilaian Pembeli dari setiap produk pada saat pesanan selesai. Dengan ini, penjual dapat mengukur tingkat kualitas produk serta layanan mereka. 


Sumber : padiumkm.id


Manfaat Rating Toko

Rating/penilaian Pembeli terhadap toko memberikan manfaat dan keuntungan bagi Penjual. Berikut beberapa manfaat yang bisa didapatkan oleh Penjual :


  • Sebagai Evaluasi

Tanggapan dari Pembeli yang membeli produk dari toko Anda dapat Anda manfaatkan sebagai bahan evaluasi pada bisnis Anda. Tanggapan dapat berupa respon positif maupun negatif. Anda dapat mengukur berapa banyak Pembeli puas atau tidak puas pada produk di toko Anda. Dengan begitu, Anda dapat meningkatkan kualitas produk yang memiliki penilaian yang rendah. 




  • Menumbuhkan kepercayaan pembeli

Kepercayaan Pembeli merupakan aspek penting dalam bisnis melalui platform online shopping karena Pembeli tidak bisa melihat secara langsung produknya. Dengan adanya rating/penilaian di toko Anda yang diberikan oleh Pembeli-Pembeli sebelumnya, maka akan menumbuhkan kepercayaan Pembeli untuk ikut membeli produk di toko Anda.


  • Meningkatkan penjualan

Respon positif yang diberikan oleh Pembeli secara tidak langsung dapat memengaruhi Pembeli lainnya untuk membeli produk tersebut. Hal ini juga akan membantu Anda dalam memasarkan produk yang telah memiliki banyak penilaian bagus yang nantinya akan mendatangkan Pembeli potensial guna meningkatkan penjualan bisnis Anda.



Aspek Skor Rating Toko di PaDi UMKM

  • Kepuasan Pembeli 

Kepuasan Pembeli merupakan penilaian secara menyeluruh dari segi hasil yang didapatkan dan pelayanan yang diberikan oleh toko Anda. Kepuasan Pembeli menjadi aspek dalam meningkatkan rating toko. Dengan ini toko Anda dapat mengukur seberapa puas Pembeli berbelanja di toko Anda yang didasarkan pada ulasan produk.


  • Jumlah transaksi 

Jumlah transaksi adalah total transaksi/penjualan yang diterima toko Anda. Semakin banyak transaksi yang toko Anda dapatkan, maka kesempatan toko Anda mendapat ulasan dan rating juga meningkatkan. Karenanya dapat dilihat seberapa baik toko Anda dalam menyelesaikan semua pesanan. 



Tips Menaikkan Rating Toko

  • Gunakan foto produk asli

Foto produk bisa menambah nilai rating yang akan toko Anda dapatkan. Toko Anda juga dapat memasukkan video produk yang menarik agar Pembeli merasa yakin dengan kualitas produk tersebut.


  • Responsif 

Kecepatan dalam merespon chat Pembeli juga menjadi salah satu poin penting untuk meningkatkan rating toko Anda. Sebisa mungkin berikan respon dengan cepat dan tanggap agar Pembeli merasa dilayani dengan baik.


Sumber : padiumkm.id


  • Kualitas produk 

Kualitas produk toko online Anda bisa menambah ulasan yang bagus dan selaras dengan jumlah rating yang bisa Anda dapatkan. Pembeli akan dengan senang hati memberi rating apabila produk yang diterima sesuai dan akan merekomendasikan produk tersebut kepada orang lain. 


  • Pengiriman cepat

Pengiriman cepat dapat meningkatkan rating toko Anda. Pembeli akan lebih senang apabila produk mereka dapat diterima dengan cepat. Namun, berikan aturan batas waktu maksimal pengiriman produk agar pembeli dapat memperkirakan produk mereka hingga sampai, sehingga Pembeli tidak akan khawatir produknya tidak akan dikirim.


  • Pancing review positif

Respon positif dari Pembeli sangat memengaruhi rating produk dan toko Anda. Karenanya, untuk membuat Pembeli mau memberikan rating terhadap produk mereka, cobalah untuk memancing Pembeli dengan kalimat ucapan ataupun menjanjikan reward apabila Pembeli memberikan rating 5. 













Artikel Lainnya