Dalam berkembangnya zaman, merajalelanya bisnis kian bermunculan sebagai upaya untuk terus bertahan hidup bagi masing-masing individu manusia. Banyak kompetisi antar sesama bisnis yang makin tidak kondusif. Namun, di sisi lain, perlu diterapkan bahwa pertarungan bisnis ini seharusnya menjadi jembatan untuk bisa saling meningkatkan kemampuan branding, salah satunya pada foto produk yang ditawarkan. Foto produk jadi salah kunci ketertarikan audiens dalam melihat bisnis Anda. Dengan itu, ada beberapa tips branding produk yang bisa Anda terapkan.
Tips Foto Produk untuk Meningkatkan Penjualan
Sumber: Freepik
Tampilan produk yang menarik dapat memberikan dampak yang signifikan pada kesuksesan berbisnis. Anda harus mampu mencuri perhatian audiens saat mereka melihat produk Anda dalam sekejap. Maka dari itu, berikut tips foto produk yang baik untuk meningkatkan penjualan.
1.Persiapkan Peralatan Foto
Hal pertama yang perlu disiapkan adalah peralatan untuk Anda foto produk. Anda bisa gunakan perangkat handphone yang dipunya saat ini, tidak perlu membeli perangkat kamera canggih, karena yang terpenting pengambilan gambar yang Anda lakukan.
2.Gunakan Tripod
Penggunaan pada tripod ini akan memberikan kestabilan Anda dalam mengambil gambar produk. Menghindari akan goyangan dan juga bisa menjaga dalam pengambilan gambar saat dalam pencahayaan rendah atau kecepatan shutter yang lambat.
3.Latar Belakang atau Background
Latar belakang yang bersih akan memberikan foto produk Anda menjadi fokus dan tidak berantakan. Pilihlah latar belakang yang sederhana atau gunakan yang berwarna solid tanpa batas, yang biasa disebut sweep. Dengan begitu, Anda akan menghasilkan foto produk yang fokus dan menarik.
4.Pencahayaan yang Pas
Pencahayaan juga jadi faktor yang penting dalam pengambilan gambar produk. Cahaya matahari kerap dijadikan pilihan terbaik, sehingga letakkan produk Anda dekat dengan jendela atau di luar ruangan saat golden hour (antara pukul 5.30 sampai 6.30 pagi maupun sore).
5.Pilih Properti atau Aksesoris
Properti atau aksesoris mampu menambahkan sisi estetika pada foto produk Anda. Namun, perhatikan juga untuk jangan sampai menghabiskan banyak ruang di dalam satu frame. Taruh properti atau aksesoris yang sesuai juga, apakah itu sudah simetris atau belum.
6.Variasikan Sudut Pengambilan Gambar
Untuk memperlihatkan produk secara menyeluruh, ambil foto dari banyak perspektif. Tampilkan berbagai sisi, sudut, maupun dimensi agar audiens melihat secara keseluruhan produk Anda dan juga informasi yang diterima pun lengkap.
7.Foto Close-Up untuk Tampilan Detail
Pengambilan gambar close-up juga sangat cocok untuk memperlihatkan produk Anda yang bertekstur dan rumit. Tips ini berguna untuk Anda jika produk bisnisnya pakaian, perhiasan, aksesoris, atau kerajinan halus.
8.Edit untuk Hasil Terbaik
Setelah mengambil foto produk, Anda bisa meningkatkan kualitas gambarnya dengan menggunakan aplikasi edit foto terbaik. Hal ini juga akan berpengaruh pada ketertarikan audiens dalam melihat produk yang Anda tawarkan.
Foto Produk Menarik, Omzet Meningkat
Dengan menerapkan beberapa tips terkait foto produk, Anda dapat meningkatkan kualitas foto produk, membuatnya lebih estetik, dan meningkatkan daya tarik audiens. Namun di sisi lain, di PaDi UMKM Anda bisa mendapatkan secara instan untuk jasa foto produk yang menarik, dan tidak perlu menghabiskan banyak waktu. Dengan foto produk yang atraktif, performa bisnis Anda juga bisa meningkat karena jadi semakin rajin untuk mempromosikan di beragam platform.
Di PaDi UMKM Anda juga bisa mendapatkan berbagai program untuk meningkatkan skill bisnis selain foto produk. Selain itu, dapat mempromosikan produk dengan ikut andil dalam koleksi campaign di laman utama PaDi UMKM. Ikuti informasi selanjutnya dengan pantau lini masa PaDi UMKM di sini.