Apa itu Copywriting Iklan?
Copywriting adalah teknik penulisan yang bertujuan untuk mengajak calon pembeli melakukan sesuatu. Contohnya, jika Sobat PaDi sedang ingin meningkatkan penjualan, Sobat PaDi bisa menggu-nakan copywriting untuk mengajak calon pembeli agar melakukan pembelian pada produk yang Sobat PaDi tawarkan.
Mengapa Membutuhkan Copywriting pada iklan produk?
Copywriting dibutuhkan agar:
a. Tingkat konversi pelanggan tinggi
b. Traffic pengunjung pada toko Sobat PaDi naik
c. Pengunjung pada toko Sobat PaDi melakukan pembelian pada produk yang Sobat PaDi tawarkan, dan masih banyak lagi
Jenis - Jenis copywriting
- Marketing Copywriting
Marketing Copywriting adalah copywriting yang berfokus untuk menawarkan produk, memberikan solusi calon pembeli, dan menyampaikan manfaat produk. Jadi, tujuan akhirnya adalah marketing, alias meyakinkan calon pem beli untuk membeli produk Sobat.
- Brand Copywriting
Brand copywriting adalah jenis copywriting yang berfungsi untuk menyampaikan citra dan identitas brand. Selain itu copywriting jenis ini dapat meniadi pembeda dengan brand milik kompetitor. Salah satu bentuk brand copywriting biasanya berupa slogai tau tagline brand.
- SEO Copywriting
SEO Copywriting adalah copywriting yang bertuluan untuk menarik perhatian calon perbeli dan memposisikan konten di Marketplace. Biasanya SEO Copywriting digunakan pada deskripsi kategori produk dan kategori produk.
- Technical Copywriting
Technical copywriting adalah jenis copywriting yang berfungsi untuk memberikan pemahaman mendalam tentang cara kerja produk atau layanan. Biasanya, copywriting jenis ini sering digunakan pada produk kesehatan, kecantikan, dan teknologi.
4 Langkah membuat copywriting
1). Pelajari Produk Atau Layanan Sobat PaDi
Tanpa mengenali produk, layanan, atau konten yang ditawarkan, Sobat PaDi tidak akan dapat memasarkannya dengan baik. Inilah mengapa pemahaman produk menjadi bagian penting dari copywriting
Nah, setelah mempelalari tentang apa yang Sobat PaDi jual, ada baiknya jika Sobat PaDi menuliskan informasi yang didapat dalam bentuk deskripsi. Ini dilakukan agar nanti Sobat PaDi punya referensi dalam proses penulisan.
2). Pahami Kebutuhan calon pembeli
Mengenali kebutuhan calon pembeli Sobat PaDi tidak kalah pentingnya dari memahami produk sendiri. Mengapa? Karena inti dari copywriting bukanlah tentang keuntungan Sobat PaDi, tetapi manfaat yang pembeli dapatkan ketika menggunakan produk yang Sobat PaDi jual.
3). Tentukan Judul yang Memikat
Kebanyakan calon pembeli hanya akan membaca judul atau headline Sobat PaDi. Artinya, Sobat PaDi harus bisa menciptakan judul yang betul-betul menarik perhatian. Kreatifitas tinggi memang dibutuhkan untuk membuat judul yang kuat. Namun, praktiknya tidak sesulit yang dibayangkan banyak orang. Kedua trik berikut ini terbukti dapat menyulap judul yang terdengar biasa saja menjadi menarik.
- Jelaskan manfaat yang Sobat PaDi tawarkan
- Buat pembaca ingin segera membeli
4) Dukung Judul & Deskripsi yang Menarik
Sebagai yang berada di baris terdepan, judul tentunya harus dapat menarik perhatian calon pembeli. Untuk itu, judul yang menarik perlu didukung dengan deskripsi yang menarik pula.
5) Buat Copy yang Berkualitas
Meskipun judul dan deskripsi merupakan bagian penting dalam teknik copywriting, Sobat PaDi tidak boleh melupakan bagian utama tulisan. Dalam copywriting, bagian ini disebut copy. Ada beberapa formula yang bisa Sobat PaDi gunakan untuk menulis copy yang berkualitas, diantaranya:
- Gunakan kata dan kalimat sederhana
- Jelaskan manfaat produk bagi calon pembeli
6). Akhiri dengan Persuasi
Apapun tujuan teks copywriting Sobat PaDi, pada bagian akhir harus selalu ada ajakan untuk melakukan aksi yang Sobat PaDi inginkan yaitu membeli produk yang sobat padi tawarkan