Halo Sobat, memiliki nama produk yang tepat dan mudah dicari di mesin pencarian seperti Google dan marketplace sangat penting. Nama produk yang SEO-friendly bisa membantu produk Anda lebih mudah ditemukan oleh calon Pembeli, meningkatkan visibilitas, dan pada akhirnya berpotensi menambah penjualan.
Saat calon Pembeli mencari produk secara online, mereka biasanya menggunakan kata kunci tertentu yang menggambarkan produk yang diinginkan. Disinilah pentingnya memberikan nama produk dengan kata kunci yang tepat agar produk Anda muncul di hasil pencarian calon Pembeli.
SEO-friendly adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan konten, desain, atau elemen digital lain yang dioptimalkan agar mudah ditemukan dan dimengerti oleh mesin pencari seperti Google. Dengan menjadi SEO-friendly konten atau produk Anda memiliki peluang lebih besar untuk muncul di halaman pertama hasil pencarian.
Tips Menentukan Kata Kunci
SEO-friendly berperan penting karena banyak orang menggunakan mesin pencari untuk menemukan informasi atau produk. Jika konten Anda tidak mudah ditemukan, maka peluang menjangkau audiens atau pelanggan potensial menjadi lebih kecil. Berikut adalah beberapa tips praktis untuk memilih kata kunci yang relevan dan efektif agar produk Anda lebih mudah ditemukan di marketplace atau mesin pencari:
1. Pilih Kata Kunci yang Menggambarkan Produk Anda
Saat membuat nama produk, penting untuk memilih kata kunci yang menggambarkan produk dengan akurat. Hindari menempatkan kata kunci yang tidak relevan, seperti nama produk lain atau nama kompetitor, dalam nama produk Anda. Tindakan ini dapat menurunkan tingkat kepercayaan pembeli terhadap produk dan toko Anda.
2. Lakukan Riset Kata Kunci
Sebelum menentukan nama yang sesuai, hal yang pertama dilakukan ialah riset kata kunci. Anda dapat menggunakan tools gratis seperti Google Keyword Planner ataupun yang berbayar seperti Ahrefs dan SEMrush. Sebagai contoh, Anda menjual tas rajut, jangan hanya fokus dengan kata tas rajut, tapi cobalah cari kata kunci lain yang lebih spesifik seperti tas rajut handmade atau tas rajut wanita.
3. Identifikasi Target
Setelah Anda menemukan kata kunci yang relevan, langkah selanjutnya adalah mengidentifikasi target audiens Anda seperti berikut:
- Siapa mereka? Apakah mereka seorang remaja, dewasa, anak-anak, profesional, atau ibu rumah tangga?
- Apa saja yang mereka butuhkan? Apakah mereka mencari produk yang berkualitas tinggi, praktis, atau harga terjangkau?
- Bagaimana penggunaan bahasa yang tepat? Apakah mereka menggunakan bahasa yang formal, informal, atau bahasa gaul?
Dengan memahami target audiens, ini akan memudahkan Anda mendapatkan kata kunci yang lebih sesuai dengan preferensi mereka. Seperti apabila target audience Anda adalah seorang remaja, Anda bisa menambahkan kata kunci berupa bahasa gaul yang sedang tren.
4. Lakukan Pengujian, Mana Nama Produk yang Tepat
Buatlah beberapa pilihan nama produk dari kata kunci yang telah anda temukan. Anda dapat menyesuaikan dengan hal berikut:
- Pastikan nama produk singkat dan mudah diingat
- Gunakan kata kunci modifiers seperti signature, premium, terbaik
- Letakkan kata kunci utama di awal kalimat seperti hijab, laptop, buku
Setelah itu, lakukan pengujian dengan menggunakan beberapa variasi nama produk di marketplace ataupun mesin pencari. Lihat variasi mana yang menunjukkan hasil paling relevan.
Sumber: PaDi UMKM
5. Sertakan Detail Penting Produk
Selain melakukan pengujian dalam nama produk, memasukkan detail penting tentang produk dapat meningkatkan peluang produk Anda muncul dalam pencarian secara spesifik. Dengan menambahkan informasi detail, nama produk tidak hanya akan lebih menarik tetapi juga dapat menjangkau calon Pembeli dalam mencari produk dengan spesifikasi khusus.
Dengan menerapkan beberapa tips di atas, Anda dapat menciptakan nama produk yang menarik, informatif dan efektif dalam menarik minat calon Pembeli di PaDi UMKM. Nama produk yang SEO-friendly tidak hanya memudahkan pencarian produk Anda, tetapi juga meningkatkan peluang produk Anda ditemukan oleh lebih banyak orang. Sehingga, dapat mendorong calon Pembeli untuk segera melakukan transaksi. Dengan strategi penamaan yang tepat, produk Anda akan memiliki daya saing lebih tinggi dan dapat menarik lebih banyak calon Pembeli.
Ikuti berbagai program di PaDi UMKM untuk meningkatkan performa toko Anda, seperti PaDi Talks, Temu Sobat, dan program lainnya. Mari jangkau pasar yang lebih luas dengan PaDi UMKM.