Trade Expo Indonesia (TEI) merupakan pameran dagang berbasis Internasional yang menjadi ajang tahunan terbesar di Indonesia. Tahun 2024 menjadi penyelenggaraan Trade Expo Indonesia yang ke-39. Acara berlangsung dari tanggal 9 hingga 12 Oktober di Hall Nusantara, Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Banten. Pada tahun ini, Trade Expo Indonesia mengusung tema "Build Strong Connection with The Best of Indonesia", dengan harapan bisa menjadi wadah untuk membangun hubungan yang kuat dan jangka panjang antara produsen produk lokal dan pasar bisnis di dunia.
Pada acara tahun 2024, Trade Expo Indonesia yang diselenggarakan secara hybrid, menampilkan serangkaian kegiatan, di antaranya exhibition, seminar Internasional, Business Matching, konseling bisnis, dan trade mission. Negara yang turut meriahkan selama acara berlangsung, seperti Spanyol, Australia, Vietnam, India, Amerika Serikat, Timor Leste, Jepang, Ethiopia, Dubai, Korea Selatan, Perancis, Filipina, Thailand, dan masih banyak negara lainnya.
Sumber: Dokumentasi PaDi UMKM
Trade Expo Indonesia 2024 Berhasil Tembus Target
Trade Expo Indonesia (TEI) resmi dibuka oleh Presiden Joko Widodo, pada Rabu 9 Oktober 2024. Dalam sambutannya, Beliau menyampaikan bahwa saat ini kondisi ekonomi global merupakan tantangan yang telah mempengaruhi pertumbuhan ekonomi dunia dan juga perdagangan Internasional, sehingga inovasi dalam pemasaran produk Indonesia memiliki peranan penting untuk jangkau pasar global. Pameran digelar terbagi menjadi tiga zona produk yaitu, Pertama, Food, Beverage, and Agricultural Products, Kedua, Manufacture Products, serta Ketiga, Home Living, Fashion, and Services.
Pada penyelenggaraan ke-39 Trade Expo Indonesia, Kementerian Perdagangan (Kemendag) telah menargetkan transaksi sekitar USD 15 Miliar dari 30.000 pengunjung dan 1.000 exhibitor. Dikutip melalui laman Ekonomi Bisnis, pada hari pertama TEI 2024 digelar Mardyana Listyowati selaku Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional menyampaikan bahwa sudah tercatat 176 kontrak dagang yang telah ditandatangani. 176 kontrak ini mencapai USD 15,2 Miliar atau bernilai sekitar Rp 237,23 triliun, dan melibatkan 20 negara beberapa di antaranya Amerika Serikat, India, Jepang, Korea Selatan, Belanda, Vietnam, dan Filipina.
PaDi UMKM Hadir di Trade Expo Indonesia 2024
PaDi UMKM mendapatkan kesempatan untuk berpartisipasi dalam Trade Expo Indonesia (TEI). Dalam pameran dagang Internasional ini, PaDi UMKM memperkenalkan diri sebagai marketplace yang berfokus pada Business to Business (B2B) dan Business to Consumer (B2C) yang menawarkan berbagai manfaat bagi Penjual maupun Pembeli. Keberadaan marketplace di era digital menjadi komponen penting bagi ekosistem bisnis. PaDi UMKM berkomitmen untuk menjadi solusi digital dalam proses pengadaan barang dan jasa yang lebih cepat dan efisien, serta bisa menjadi platform yang membantu para UMKM Indonesia untuk menjangkau pasar lebih luas. PaDi UMKM juga telah berkolaborasi dengan Bank Indonesia yang terintegrasi pada layanan platform Indonesia SME Hub untuk proses ekspor produk UMKM.
Aksi PaDi UMKM dalam Partisipasi TEI
Partisipasi PaDi UMKM dalam TEI menjadi langkah besar untuk andil dalam mendukung UMKM Indonesia ekspansi ke kancah Internasional. Berikut beberapa capture PaDi UMKM beraksi dalam pameran dagang yang diselenggarakan oleh Trade Expo Indonesia yang akan berlangsung hingga besok 12 Oktober 2024.
Fokus utama dari pameran dagang Internasional adalah Business to Business (B2B), yang bertujuan untuk mendorong pertumbuhan ekspor Indonesia, meningkatkan kualitas, serta meningkatkan daya saing produk lokal di pasar Internasional. Trade Expo Indonesia diharapkan dapat memperkuat posisi Indonesia di pasar ekspor dunia. Mari bergabung dengan PaDi UMKM, untuk terus dukung produk lokal dan berkontribusi dalam mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih inklusif.