Usaha di PaDi UMKM Makin Lancar Dengan Fitur Invoice Financing

By Admin

18 Oktober 2023, 16:15

Bagikan:

usaha-di-padi-umkm-makin-lancar-dengan-fitur-invoice-financing

Halo, Sobat PaDi UMKM. Tahukah Anda salah satu fitur unggulan yang dimiliki oleh PaDi UMKM? Yap, Invoice Financing. 

Invoice Financing merupakan produk pembiayaan yang memberikan bantuan pendanaan modal usaha kepada seller UMKM yang memiliki hubungan bisnis dengan BUMN. 

Bantuan pendanaan atau Invoice Financing yang ada di PaDi UMKM diberikan untuk transaksi yang berupa Pembelian Tempo karena Anda sebagai penjual harus menggunakan Invoice aktif untuk mendapatkan bantuan ini. Sebagai informasi, pembelian tempo sendiri merupakan salah satu metode pembayaran yang sifatnya berjangka dan dapat dinikmati oleh pembeli di PaDi UMKM. 

Di PaDi UMKM tersedia beberapa pilihan tempo pembayaran, diantaranya 14, 30, dan 60 hari dari status transaksi "Tagihan Diterima".

Sumber: PaDi UMKM


Apabila pembeli di Toko PaDi UMKM Anda mengajukan metode pembayaran tempo dengan nominal yang cukup besar sehingga Anda mengalami kesulitan untuk memproses pesanan tersebut, fitur Invoice Financing adalah solusinya. Anda dapat mengajukan Invoice Financing melalui lembaga pembiayaan. 


Contoh lembaga pembiayaan untuk mengajukan Invoice Financing

  1. Bank BTN
  2. Bank Mandiri
  3. Bank BRI
  4. Pegadaian
  5. PNM


Keunggulan Invoice Financing

1. Syarat dokumen yang diperlukan sederhana

Dokumen yang diperlukan untuk syarat pengajuan Invoice Financing terbilang cukup sederhana, diantaranya:

  • Dokumen legalitas
  1. perorangan / badan usaha (PT atau CV)
  2. NPWP badan usaha
  3. Akte pendirian dan perubahan (khusus PT)
  4. SK Kemenkumham (khusus PT)
  5. KTP dan NPWP Direksi dan Komisaris ataU KTP dan NPWP Suami Istri untuk perorangan
  6. Nomor Induk Berusaha
  • Dokumen Invoice
  1. Invoice Aktif dari PaDi UMKM
  2. Berita Acara Serah Terima (BAST)
  3. Tanda terima

2. Proses dengan seller dilakukan seluruhnya secara online

Proses pengajuan bantuan pendanaan bisa dilakukan secara online sehingga lebih menghemat waktu tanpa harus datang langsung ke lembaga pembiayaan

3. Terdapat fasilitas refund/pengembalian dana


Manfaat Invoice Financing

  1. Membiayai operasional usaha untuk meningkatkan penjualan
  2. Menambah modal untuk ekspansi/pengembangan usaha
  3. Pembayaran kembali (repayment kredit) dipotong dari pembayaran Buyer-BUMN
  4. Bisa digunakan untuk mengerjakan project lain tanpa hambatan modal
  5. Jaminan yang bermanfaat dalam memperlancar arus kas keuangan perusahaan jangka pendek (cashflow lebih sehat)


Bagaimana kriteria calon debitur untuk pengajuan Invoice Financing?

  1. Memiliki rekening sesuai lembaga pembiayaan ingin Anda jadikan tempat pengajuan Invoice Financing
  2. Lama usaha minimal 6 bulan
  3. Untuk perorangan dengan usia minimal 21 tahun dan maksimum 60 tahun
  4. Tidak memiliki tunggakan kredit yang macet


Bagaimana langkah-langkah mengajukan Invoice Financing?

Untuk mengajukan bantuan pendanaan, Anda sebagai penjual di PaDi UMKM dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Login sebagai penjual atau seller di PaDi UMKM, pilih menu Pinjaman Tersedia 
  2. Pilih Invoice yang akan diajukan, pilih menu Ajukan Pinjaman
  3. Pilih Lembaga Pembiayaan yang ingin Anda jadikan tempat pengajuan Invoice Financing
  4. Isi formulir, informasi rekening pencairan, dan pengajuan nominal pembiayaan
  5. Upload dokumen persyaratan yang diperlukan sesuai dengan lembaga pembiayaan yang dipilih
  6. Permohonan berhasil diajukan


Itu-lah informasi terkait salah satu fitur unggulan yang dimiliki oleh PaDi UMKM. Anda membutuhkan bantuan pendanaan atau ingin mengembangkan usaha? Yuk, coba sekarang fiturnya! 


Ingin tanya lebih lanjut, hubungi Mindi di WhatsApp atau Instagram ya.





 


Artikel Lainnya