Alat tulis kantor merupakan hal krusial dalam keseharian Anda selama bekerja, demi menunjangnya kelancaran operasional dan produktivitas kerja. Namun, seiring perjalanannya waktu, alat tulis kantor bisa mengalami kerusakan fisik dan/atau mengalami penurunan performa dalam penggunaannya. Oleh karena itu, merawat alat tulis kantor perlu dilakukan dengan tepat agar dapat bertahan lama.
Merawat alat tulis kantor merujuk pada serangkaian aksi untuk tetap menjaga kondisi optimal dan memperpanjang umur pada alat tulis kantor. Ini mencakup pada berbagai aktivitas seperti pengecekan, dan disiplin atau teratur. Hal itu tentu perlu dilakukan secara berkala untuk memastikan alat tulis kantor tidak ada yang disfungsi.
5 Cara Merawat Alat Tulis Kantor agar Tahan Lama
Banyak cara untuk melakukan perawatan pada alat tulis kantor Anda. Di bawah ini akan dijabarkan lima cara merawat alat tulis kantor untuk bisa Anda aplikasikan dengan mudah di lingkungan kerja.
Menutup peralatan yang bertinta
Sumber: Pxhere
Cara yang pertama ini tentu sangat mudah dilakukan. Namun, kerap kali cara ini sering dilewatkan dan berefek pada pergantian alat tulis bertinta secara menerus. Alat tulis bertinta pun tidak melulu pada pulpen, namun bisa juga pada spidol yang perlu dijaga kemasannya. Mulai dari sekarang, Anda bisa menutup kembali atau taruh di tempat semula ketika sudah menggunakan alat tulis bertinta tersebut, supaya tidak cepat kering dan dapat digunakan dengan waktu yang lama.
Menggunakan tempat untuk penyimpanan alat tulis kantor
Sumber: On-home
Sebelum membeli banyak alat tulis kantor, seperti pulpen, buku, penggaris, hvs, dan hal lainnya, Anda perlu menyiapkan tempat penyimpanan untuk alat tulis kantor tersebut, supaya tertata rapi. Memiliki tempat penyimpanan menjadikan alat tulis kantor akan tahan lama karena terorganisir dengan baik. Pun akan minim hilang dan minim kerusakan karena disimpan di tempat yang aman. Di sisi lain, ketika lingkungan kerja rapi, produktivitas Anda pun jadi meningkat dan berpengaruh ke performa perusahaan.
Jangan membuka kemasan jika tidak ingin digunakan
Sumber: PaDi UMKM
Berbelanja akan kebutuhan kantor (dalam satu kali) tentunya dengan jumlah yang besar. Misal pulpen, pensil, tinta printer, dan spidol, pasti akan dibeli lebih dari satu pack untuk ketersediaan. Maka dari itu, Anda perlu meletakkan barang tersebut di ruang aman agar terhindar dari pembukaan kemasan secara tidak sengaja. Dengan melakukan hal tersebut, alat tulis kantor dalam jumlah banyak tetap terjaga dengan baik.
Pemeriksaan rutin dan penggantian
Sumber: iStock
Pemeriksaan rutin terhadap alat tulis kantor seharusnya sudah menjadi bagian dari SOP di tiap perusahaan. Pemeriksaan ini pun tentu dijalankan sesuai dengan jadwal yang ditetapkan, dengan tujuan barang yang dibeli dalam masa waktu tertentu tersebut tidak mengering, tidak cacat fisik, dan hal lainnya. Jika terlihat alat tulis kantor sudah tidak layak pakai, perlu adanya penggantian dari produk tersebut.
Mengelompokkan alat tulis sesuai kategori
Sumber: GratisOngkir
Pengelompokkan alat tulis menyesuaikan dengan kategori sangat dianjurkan, agar pemeriksaan rutin pada alat tulis kantor berjalan efisien. Mengelompokkan alat tulis bisa berdasarkan umur pakai, bertinta, warna produk, produk, dan lainnya yang seragam. Aktivitas ini cukup mudah untuk diaplikasikan mengingat hanya perlu mengelompokkan berdasarkan kategori, dan tinggal disimpan pada tempat yang aman.
Belanja Alat Tulis Kantor Berkualitas hanya di PaDi UMKM
Segala kebutuhan alat tulis kantor ada di koleksi Mid-Year PaDi UMKM. Produk yang Anda belanjakan terjamin kualitas dan harganya yang bersahabat. Banyak pilihan untuk bisa Anda eksplorasi demi menunjang ketersediaan stok di kantor, tentunya dari vendor tepercaya juga.
Info menarik lainnya tentang PaDi UMKM dapat Anda temukan melalui akun Instagram di sini.