Hari Konsumen Nasional 2025: Bangun Indonesia dengan Konsumen Berdaya

By Admin

18 April 2025, 08:00

Bagikan:

hari-konsumen-nasional-2025-bangun-indonesia-dengan-konsumen-berdaya

Tanggal 20 April mendatang, diperingati sebagai Hari Konsumen Nasional (HAKORNAS) di Indonesia. Peringatan hari konsumen ditetapkan sebagai momentum untuk meningkatkan kesadaran sebagai konsumen cerdas yang memiliki perlindungan hak dan kewajiban. Hari Konsumen Nasional sebagai bentuk apresiasi terhadap konsumen, mendorong terciptanya konsumen cerdas dan kritis, serta pelaku usaha yang beretika dalam menjalankan bisnisnya. Konsumen menjadi salah satu pilar penting dalam roda perekonomian Indonesia. Konsumen yang berdaya tentunya akan menjadi bagian dalam membangun Indonesia maju dan berkembang.

Sumber: Freepik


Tujuan utama Hari Konsumen Nasional tidak hanya meningkatkan kesadaran serta pentingnya hak dan kewajiban konsumen, melainkan sebagai pendorong guna meningkatnya daya saing produk yang dihasilkan pelaku usaha dalam negeri untuk bersaing di pasar global. Simak penjelasan di bawah untuk mengetahui asal-usul peringatan ini dan informasi lainnya.


Sejarah Hari Konsumen Nasional

Mengutip laman Lingkar Studi Sains, Universitas Gadjah Mada, yang menyebutkan bahwa Hari Konsumen Nasional tertuang dalam Keputusan Presiden Nomor 13 Tahun 2012 dengan mengacu kepada Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Hari Konsumen Nasional ditetapkan pada tanggal 20 April merupakan tanggal yang sama dengan pengesahan Undang-Undang Perlindungan Konsumen. Peringatan Hari Konsumen Nasional sebagai wujud apresiasi terhadap peran strategis konsumen dalam perekonomian Indonesia. 

Tujuan Penetapan Hari Konsumen Nasional

Penetapan Hari Konsumen Nasional sebagai langkah untuk menunjukkan komitmen negara dalam memperkuat posisi konsumen di mata hukum dan ekonomi. Tujuan dari penetapan Hari Konsumen Nasional, di antaranya:

  • Penguatan kesadaran akan pentingnya hak dan kewajiban konsumen.
  • Mendorong daya saing produk pelaku usaha dalam negeri.
  • Mengembangkan upaya pemerintah dalam memberikan perlindungan konsumen di Indonesia.
  • Menjadikan konsumen sebagai pilar utama dalam menggerakkan ekonomi dan mendorong pelaku usaha memproduksi produk berkualitas.


Konsumen Cerdas, Cinta Produk Dalam Negeri

Melalui Hari Konsumen Nasional diharapkan masyarakat Indonesia bisa menjadi konsumen cerdas, artinya bisa lebih kritis, bijak, dan berdaya. Sebagai penggerak ekonomi, konsumen yang aktif dan berdaya turut jadi bagian dalam membangun sistem ekonomi yang adil dan berkelanjutan. Karena, konsumen yang cerdas dapat mencintai produk-produk dalam negeri. Dengan begitu bisnis para pelaku usaha lokal dapat terus bertumbuh. Jika masyarakat bisa memahami hak dan kewajiban konsumen, kualitas produk dan layanan akan meningkat, sehingga menciptakan ekosistem bisnis yang sehat dan kompetitif. 


Belanja Produk Dalam Negeri Hanya di PaDi UMKM

Di era digital, belanja kebutuhan lebih mudah karena semua barang dan jasa dapat ditemukan dalam satu platform saja. Seperti PaDi UMKM, marketplace B2B yang hadir sebagai solusi untuk Anda berbelanja dalam memenuhi semua kebutuhan, khususnya kantor. PaDi UMKM turut berpartisipasi dalam merayakan Hari Konsumen Nasional dengan menghadirkan collection campaign “Pilih Produk Dalam Negeri”, Anda dapat menemukan berbagai pilihan barang dan jasa berkualitas dari Penjual tepercaya dengan mudah. Jadilah konsumen yang cerdas dengan mendukung pelaku usaha lokal, selamat Hari Konsumen Nasional!


Artikel Lainnya