Lindungi Akun Anda, Update Kata Sandi PaDi UMKM Sekarang!

By Admin

09 Mei 2025, 11:23

Bagikan:

lindungi-akun-anda-update-kata-sandi-padi-umkm-sekarang

Keamanan akun menjadi salah satu hal yang paling krusial untuk diperhatikan, terlebih lagi di era serba digital seperti saat ini. Akun yang tidak dilindungi dengan baik dapat menjadi celah bagi pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab. Berbagai risiko berpotensi terjadi pada akun Anda, seperti akun berpindah tangan tanpa sepengetahuan pemilik, penyalahgunaan identitas, hingga potensi kerugian dalam transaksi. Oleh karena itu, sebagai platform digital B2B Marketplace yang mengedepankan kenyamanan dan keamanan penggunanya, PaDi UMKM menerapkan aturan baru terkait pembaruan kata sandi akun Pembeli PaDi UMKM. Langkah ini diambil sebagai upaya strategis untuk meningkatkan sistem keamanan serta melindungi para pengguna khususnya Pembeli dari potensi risiko yang ada. Melalui sistem keamanan yang lebih ketat, seluruh transaksi dan aktivitas pengguna di Platform PaDi UMKM dapat dilakukan lebih aman dan nyaman. Sobat PaDi, berikut adalah panduan pembaruan kata sandi akun PaDi UMKM yang bisa Anda ikuti untuk menjaga keamanan akun secara optimal.


Jenis Data Pribadi yang Perlu Dijaga

Sebelum membahas panduan teknis perubahan kata sandi, penting bagi Sobat PaDi untuk memahami jenis data pribadi yang perlu dijaga kerahasiaannya. Beberapa data yang tidak boleh dibagikan kepada siapapun, termasuk kepada pihak yang mengaku petugas resmi, antara lain: alamat email, kata sandi (password), nomor handphone, kode OTP (One-Time Password), dan NIK (Nomor Induk Kependudukan). Pastikan seluruh data tersebut dijaga kerahasiaannya untuk menghindari penyalahgunaan yang dapat merugikan Anda. 


Ketentuan Pembaruan Kata Sandi

Setelah mengetahui data yang perlu dijaga kerahasiaannya, penting juga bagi Sobat PaDi untuk menerapkan pembaruan kata sandi yang sesuai ketentuan agar akun terlindungi dari upaya peretasan atau akses yang tidak sah. Berikut adalah kriteria yang perlu dipenuhi Sobat PaDi saat memperbarui kata sandi akun PaDi UMKM. 

a. Kriteria kata sandi yang diperbarui:

  1. Minimal terdiri dari 8 karakter
  2. Terdapat huruf besar
  3. Terdapat huruf kecil
  4. Terdapat angka
  5. Terdapat simbol/karakter (contoh: @, #, $, &, *, !, atau simbol lainnya)
  6. Tidak boleh sama dengan kata sandi sebelumnya

b. Sobat PaDi dapat mengubah kata sandi melalui pengaturan akun atau pada bagian halaman login "Atur Ulang Kata Sandi".

c. Perhatikan limitasi kode OTP salah dan OTP kedaluwarsa.


Aturan Limitasi OTP untuk verifikasi keamanan akun

  1. Sobat PaDi memiliki 3 kali kesempatan untuk memasukkan kode OTP yang dikirimkan oleh sistem PaDi UMKM.
  2. Jika salah memasukkan OTP sebanyak 3 kali, akun akan dikunci sementara selama 1x24 jam.
  3. Kode OTP hanya berlaku selama 5 menit dan akan otomatis kedaluwarsa jika tidak digunakan. 
  4. Permintaan kirim ulang OTP dibatasi maksimal 3 kali dalam 24 jam. 


Panduan Mengubah Kata Sandi melalui Website 

1. Login akun dengan mengakses website https://padiumkm.id/login

2. Masuk ke Beranda Buyer, lalu klik Profil seperti berikut.

3.Klik Lihat Profil.

4. Pada halaman Profil, scroll ke bawah hingga menemukan bagian Kata Sandi. Anda akan menemukan form kata sandi sebagai berikut. Kata Sandi harus memiliki:

  1. Minimal 8 karakter
  2. Huruf besar
  3. Huruf kecil
  4. Angka
  5. Simbol (contoh: @, #, $, &, *, !, atau simbol lainnya)
  6. Tidak boleh sama dengan kata sandi terakhir

5. Berikut merupakan form Kata Sandi. Silakan masukan Kata Sandi Lama Anda.

Pada bagian ini, terdapat kemungkinan error yang muncul karena kata sandi lama belum diisi. Solusinya, Sobat PaDi dapat mengisi kolom kata sandi lama terlebih dahulu. 

6. Selanjutnya, silakan masukan Kata Sandi Baru Anda

Pada bagian ini, terdapat kemungkinan error yang muncul karena beberapa kondisi, yaitu:

  1. Kata sandi kurang dari 8 karakter
  2. Kata sandi tidak mengandung huruf besar
  3. Kata sandi tidak mengandung huruf kecill
  4. Kata sandi tidak mengandung angka
  5. Kata sandi tidak mengandung simbol
  6. Kata sandi baru tidak sesuai

Solusinya, Sobat PaDi dapat menyesuaikan kata sandi baru agar sesuai dengan kriteria. 

7. Jika Kata Sandi Baru sudah sesuai dengan aturan. Selanjutnya, silakan masukan Konfirmasi Kata Sandi Baru.

Pada bagian ini, terdapat kemungkinan error yang muncul karena konfirmasi kata sandi baru tidak sesuai. Solusinya, pastikan untuk memasukkan konfirmasi kata sandi baru yang sesuai dengan kata sandi baru. 

8. Klik tombol Simpan untuk menyimpan perubahan kata sandi.

9. Selanjutnya, silakan masukan Kata Sandi Baru Anda.

10. Jika Kata Sandi Baru sudah sesuai dengan aturan. Selanjutnya, silakan masukan Konfirmasi Kata Sandi Baru.

11. Klik tombol Simpan untuk menyimpan perubahan kata sandi.

12. Anda akan menerima email dari PaDi UMKM dengan subjek email Konfirmasi Perubahan Kata Sandi. Buka email tersebut dan salin kode OTP yang dikirim.

13. Silakan masukan Kode OTP yang sudah disalin dari email.

14. Perubahan kata sandi berhasil disimpan. Silakan melakukan login ulang untuk menggunakan kata sandi baru. 

15. Sistem akan mengirimkan informasi perubahan password akun berhasil melalui email dengan subjek email Password Akun PaDi UMKM Berhasil Diubah.


Panduan Mengubah Kata Sandi Melalui Aplikasi

1. Masuk ke Beranda Buyer pada aplikasi, lalu tap Akun.

2. Tap Ubah Kata Sandi

3. Berikut ini merupakan form Ubah Kata Sandi. Kata sandi harus memiliki:

  1. Minimal 8 karakter
  2. Huruf besar
  3. Huruf kecil
  4. Angka
  5. Simbol (contoh: @, #, $, &, *, !, atau simbol lainnya)
  6. Tidak boleh sama dengan kata sandi terakhir

4. Silakan masukan Kata Sandi Lama Anda.

Pada bagian ini, terdapat kemungkinan error yang muncul karena kata sandi lama kurang dari 8 karakter. Solusinya, Sobat PaDi dapat mengisi kolom kata sandi lama minimal 8 karakter.

5. Selanjutnya, silakan masukan Kata Sandi Baru Anda.

Pada bagian ini terdapat kemungkinan error yang muncul karena beberapa kondisi, yaitu:

  1. Kata sandi kurang dari 8 karakter
  2. Kata sandi tidak mengandung huruf besar
  3. Kata sandi tidak mengandung huruf kecill
  4. Kata sandi tidak mengandung angka
  5. Kata sandi tidak mengandung simbol
  6. Kata sandi baru tidak sesuai

Solusinya, Sobat PaDi dapat menyesuaikan kata sandi baru agar sesuai dengan kriteria.

6. Jika Kata Sandi Baru sudah sesuai dengan aturan. Selanjutnya, silakan masukan Konfirmasi Kata Sandi Baru.

Pada bagian ini, terdapat kemungkinan error yang muncul karena konfirmasi kata sandi tidak sesuai. Solusinya, Sobat PaDi dapat memasukkan konfirmasi kata sandi baru yang sesuai dengan kata sandi baru. 

7. Klik tombol Simpan untuk menyimpan perubahan kata sandi.

8. Anda akan menerima email dari PaDi UMKM dengan subjek email Konfirmasi Perubahan Kata Sandi. Buka email tersebut dan salin kode OTP yang dikirim.

9. Silakan masukan Kode OTP yang sudah disalin dari email.

10. Perubahan kata sandi berhasil disimpan. silakan melakukan login ulang untuk menggunakan kata sandi baru.

11. Sistem akan mengirimkan informasi perubahan password akun berhasil melalui email dengan subjek email Password Akun PaDi UMKM Berhasil Diubah.


Melindungi akun adalah tanggung jawab bersama antara pengguna dan PaDi UMKM sebagai penyedia platform B2B Marketplace yang tepercaya. Tidak hanya menjaga kerahasiaan data pribadi, namun Sobat PaDi juga turut berperan aktif dalam menciptakan lingkungan digital yang aman. Yuk, segera perbarui kata sandi akun PaDi UMKM Anda, dan pastikan data pribadi tetap terlindungi. Jika Sobat PaDi mengalami kendala atau memiliki pertanyaan terkait pembaruan kata sandi, jangan ragu untuk menghubungi tim kami melalui email cs@padiumkm.id dan WhatsApp customer service. Untuk informasi lebih lanjut seputar perlindungan akun, kunjungi instagram PaDi UMKM.




Artikel Lainnya