Tingkatkan Penjualan dengan Mudah Melalui Campaign atau Bazar Online

By Admin

11 Desember 2024, 11:00

Bagikan:

tingkatkan-penjualan-dengan-mudah-melalui-campaign-atau-bazar-online

Halo, Sobat PaDi! Pernah terbayang bagaimana caranya agar produk Anda dapat ikut serta dalam campaign atau bazar besar di platform PaDi UMKM? Kegiatan seperti ini merupakan peluang untuk meningkatkan visibilitas toko, menarik lebih banyak Pembeli, dan bahkan melipatgandakan penjualan. 

Namun, sebelum Anda bergabung ke campaign atau bazar online, yuk mengenal lebih lanjut mengenai campaign atau bazar online dan tips bagaimana produk Anda bisa masuk ke dalam campaign.

Sumber : PaDi UMKM


Apa itu Campaign dan Marketing Campaign?

Campaign adalah rangkaian kegiatan terorganisir yang dilakukan untuk mencapai tujuan tertentu dalam waktu tertentu. Campaign melibatkan berbagai strategi dan taktik untuk mempengaruhi audiens agar mencapai hasil yang diinginkan.

Marketing campaign adalah campaign untuk mempromosikan produk, layanan atau merek dengan tujuan untuk meningkatkan penjualan, menarik Pembeli baru atau membangun kesadaran merek.

Melalui kegiatan marketing campaign, platform PaDi UMKM akan selalu berupaya untuk menjembatani para pelaku usaha dengan Pembeli agar dapat melakukan transaksi secara efektif dan efisien.

Adapun kegiatan marketing campaign yang ada di PaDi UMKM adalah Koleksi Campaign (Collection Campaign). Koleksi campaign yang berlangsung sesuai dengan tema kategori yang sudah ditentukan, seperti Koleksi PARADE Produk Kesehatan, Koleksi PARADE Jasa Tour n Travel, Koleksi PARADE Souvenir, dan lainnya.


Kenapa Harus Ikut Campaign atau Bazar Online?

Masuk ke dalam campaign atau bazar online bukan hanya sekedar mengikuti tren, tetapi juga menjadi langkah strategis untuk mendorong pertumbuhan bisnis toko Anda. Berikut adalah beberapa alasan mengapa penting untuk ikut campaign atau bazar online:

1. Lebih Banyak Pembeli Melihat Produk Anda

Campaign biasanya memiliki promosi besar-besaran sehingga dapat menarik Pembeli baru ke toko Anda. Dengan meningkatnya antusiasme Pembeli terhadap produk Anda, maka akan memberikan peluang besar juga untuk pertumbuhan dan perkembangan toko.

2. Penjualan Melonjak

Diskon yang menarik selama campaign akan mendorong Pembeli untuk segera melakukan check out (bertransaksi). Dengan bergabung dalam campaign, produk Anda mendapatkan visibilitas yang lebih luas dan menciptakan momentum yang dapat mendorong penjualan lebih cepat dan lebih besar daripada biasanya.

3. Peningkatan Kepercayaan Pembeli

Keikutsertaan dalam campaign atau bazar online akan dianggap lebih tepercaya oleh Pembeli karena toko atau produk Anda terpilih sesuai dengan persyaratan campaign yang berlangsung. Sehingga dapat menciptakan hubungan yang lebih kuat antara Penjual dan Pembeli.



Tips Agar Produk Bisa Masuk Campaign atau Bazar Online

Bergabung dalam campaign atau bazar online bisa menjadi peluang besar untuk meningkatkan visibilitas dan penjualan. Namun, produk yang ingin berpartisipasi biasanya harus memenuhi syarat dan ketentuan yang sudah ditetapkan. Berikut adalah beberapa tips agar produk Anda dapat masuk ke campaign atau bazar online:

1. Pastikan Toko dalam Kondisi Aktif dan Lengkap

Pastikan informasi toko Anda sudah diperbarui, seperti deskripsi, logo, minimal pembelian produk (jika ada), ulasan dan rating, serta kebijakan pengiriman. Selain itu, pastikan produk yang Anda jual sesuai dengan kategori dan memiliki stok yang cukup.

2. Optimalkan Nama dan Deskripsi Produk

Menggunakan nama dan deskripsi produk yang jelas, menarik, dan SEO-friendly dapat meningkatkan penjualan toko Anda. Foto produk dengan kualitas tinggi, jelas dan terlihat profesional akan membuat Pembeli tertarik untuk melanjutkan transaksi.

3. Tawarkan Harga Kompetitif

Campaign sering menyoroti produk dengan diskon besar (harga coret). Pertimbangkan untuk menyesuaikan harga agar tetap menarik namun tetap untung. 

4. Pantau Persyaratan Campaign 

Setiap campaign memiliki kriteria spesifik yang harus dipenuhi, seperti kategori produk, kualitas foto, deskripsi produk, harga coret (diskon), ketersediaan stok dan waktu campaign berjalan.

5. Aktif Promosi di Media Sosial

Memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan produkmu selama campaign berlangsung. Ini bisa meningkatkan peluang penjualan sekaligus menarik Pembeli ke toko Anda.

6. Mengisi Pendaftaran Campaign

Untuk bergabung dalam campaign di PaDi UMKM, Anda dapat mengisi formulir pendaftaran campaign melalui link/tautan yang ada di Bio Instagram PaDi UMKM. Pastikan informasi yang Anda isi sudah benar dan lengkap agar campaign ini bisa berjalan dengan lancar.


Bergabung dalam campaign atau bazar online adalah peluang besar untuk Anda dalam meningkatkan penjualan sekaligus memperkenalkan toko Anda ke lebih banyak Pembeli, serta membangun kepercayaan dan memperkuat reputasi toko.

Dengan menjaga performa toko dan memenuhi kriteria yang ditentukan, produk Anda bisa lebih mudah masuk ke event besar. Dengan persiapan yang tepat, Anda dapat memanfaatkan program ini untuk mendongkrak toko Anda. 

Jadi, mulai optimalkan toko Anda dari sekarang dan siapkan strategi terbaik untuk campaign berikutnya. Serta, kunjungi laman Instagram PaDi UMKM atau situs resmi kami untuk mendapatkan informasi terkini.


Artikel Lainnya