Menjaga hubungan jangka panjang dengan Pembeli merupakan kunci utama bagi Penjual dalam mencapai keberhasilan di dunia Business-to-Business (B2B). Di tengah persaingan yang ketat, Penjual tidak hanya dituntut untuk mendapatkan Pembeli secara cepat dan tepat, tetapi Penjual juga dituntut untuk mampu menjaga kepercayaan dan loyalitas Pembeli sehingga terjadi pembelian ulang (repeat order).
PaDi UMKM menjadi jembatan yang mempertemukan UMKM dengan berbagai perusahaan seperti BUMN, Swasta, dan Kementerian/Lembaga/Pemerintahan Daerah (K/L/PD) dalam proses pemenuhan kebutuhan barang dan jasa. Hal ini tentu menjadi potensi yang baik untuk menjalin hubungan jangka panjang antara UMKM dengan perusahaan lain. Namun, tidak semua UMKM mampu memanfaatkan kesempatan ini secara optimal. Diperlukan strategi, konsistensi, dan pendekatan yang tepat agar Pembeli merasa puas dan loyal terhadap produk maupun pelayanan yang ditawarkan.
Sumber: Pexels.com
Berikut tips yang bisa Anda lakukan untuk membangun jangka panjang dengan Pembeli
1. Pahami Kebutuhan dan Preferensi Pembeli
Setiap Pembeli dari berbagai perusahaan memiliki standar dan prosedur tersendiri dalam proses pengadaan barang dan jasa. Pelajari karakteristik dari masing-masing Pembeli seperti barang yang sering dibeli, anggaran yang dikeluarkan, waktu pengadaan, hingga kebutuhan dokumen pendukung lainnya.
2. Bangun Komunikasi yang Konsisten dan Profesional
Manfaatkan fitur chat yang tersedia di PaDi UMKM untuk menjaga komunikasi dengan Pembeli. Tanggapi pertanyaan dengan cepat, ramah, dan jelas. Pembeli akan lebih percaya dan loyal kepada Penjual yang responsif dan profesional.
3. Tawarkan Layanan After Sales yang Memuaskan
Pastikan produk yang diterima oleh Pembeli dalam kondisi baik dan sesuai dengan kebutuhan Pembeli. Apabila terdapat kendala atau keluhan, segera berikan solusi untuk meningkatkan kredibilitas Anda di mata Pembeli. Pembeli sangat menghargai Penjual yang tanggap terhadap keluhan.
4. Berikan Penawaran Khusus untuk Pembeli Loyal
Setelah menyelesaikan transaksi dengan Pembeli, Anda bisa menawarkan kembali produk Anda kembali dengan harga khusus, bundling produk, atau produk lainnya sesuai dengan kebutuhan Pembeli.
5. Jaga Konsistensi Kualitas Produk dan Layanan
Pembeli dari berbagai perusahaan bekerja dengan standar operasional yang tinggi. Pastikan Anda konsisten dalam memenuhi kebutuhan mereka mulai dari kualitas produk, pengiriman tepat waktu, hingga dokumen yang lengkap. Untuk memudahkan pembeli mengetahui bahwa produk Anda telah memenuhi standar, sertakan informasi spesifikasi produk secara jelas di deskripsi, foto produk yang menarik dan terbaru, serta hasil uji kualitas atau sertifikasi jika ada. Apabila Pembeli kecewa dengan kualitas produk dan layanan Anda, akan sulit untuk mendapatkan kepercayaan mereka kembali.
6. Bangun Hubungan Personal dengan Pembeli
Anda dapat membangun kedekatan dengan pembeli secara personal namun tetap profesional. Seperti mengirim ucapan terima kasih, memberi tahu tentang update produk terbaru yang Anda jual, atau lainnya. Pembeli akan merasa lebih nyaman untuk bekerja sama dengan mitra yang komunikatif.
Hubungan jangka panjang dengan Pembeli menjadi pondasi dalam pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan. Pastikan Anda menerapkan tips di atas! Dengan, memahami kebutuhan mereka, menjaga komunikasi, serta memberikan layanan terbaik, Anda bisa menjadi mitra yang selalu diingat dan diprioritaskan oleh Pembeli.
Agar upaya yang dilakukan dapat maksimal, terus tingkatkan pengetahuan dan wawasan Anda dalam berbisnis terutama dalam dunia B2B melalui berbagai artikel-artikel PaDi UMKM. Kunjungi dan ikuti laman Instagram PaDi UMKM untuk mendapatkan informasi seputar tips dan rekomendasi dalam meningkatkan pertumbuhan bisnis Anda!