Halo sobat PaDi, berjualan di marketplace dapat menjadi peluang yang besar bagi UMKM untuk memperluas pasar dan meningkatkan keuntungan. Namun, terkadang berjualan di marketplace menjadi cukup menantang karena persaingan yang ketat, dinamikanya yang tinggi, dan lain sebagainya. Untuk dapat bertahan dan terus berkembang UMKM perlu memiliki strategi yang efektif dalam berjualan di marketplace. Salah satu bagian yang krusial dalam strategi penjualan adalah deskripsi produk. Hal ini dikarenakan deskripsi produk merupakan salah satu penunjang calon pembeli memutuskan untuk melakukan pembelian.
Sumber : Freepik
Pentingnya Deskripsi Produk di Marketplace
Deskripsi produk tidak hanya sebatas informasi mengenai produk. Akan tetapi, juga merupakan perpaduan antara seni dan ilmu untuk menghasilkan deskripsi produk yang menarik sekaligus informatif. Selain itu, deskripsi produk dapat meningkatkan kehadiran online penjual dengan pembeli yang dapat menggantikan tawar menawar antara penjual dan pembeli ketika bertemu pada proses transaksi secara langsung.
Tips Deskripsi Produk yang Efektif untuk Marketplace PaDi UMKM
Besarnya peran deskripsi produk dalam penjualan di marketplace. Penting untuk melakukan riset dan memilih strategi yang tepat agar dapat menghasilkan deskripsi produk yang efektif. Berikut beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk membuat deskripsi produk di PaDi UMKM:
1. Kenali Target Pasar
Sebelum membuat deskripsi produk, tentukan siapa target pasar produk yang Anda jual. di PaDi UMKM pasarnya cukup beragam dimulai dari pembeli B2B, seperti BUMN, perusahaan swasta, lembaga pemerintah, dan juga pembeli retail. Setelah menentukan target pasar kenali target pasar Anda dengan mencari informasi-informasi, seperti rentang usia, jenis kelamin, gaya hidup, pola pembelian, kebutuhan, dan lain sebagainya. Dengan begitu, Anda dapat membuat deskripsi produk yang sesuai dengan target pasar dan berpeluang semakin tinggi untuk menarik calon pembeli untuk melakukan pembelian. Misalnya, apabila produk Anda berupa produk kesehatan dan menargetkan kalangan orang tua sebagai target pasar, maka fokuslah terhadap manfaat kesehatan secara informatif tapi tidak terlalu kaku untuk memikat target pasar.
2. Deskripsikan Produk Secara Jelas dan Informatif
Pada saat membuat deskripsi produk, jelaskan fitur-fitur produk atau layanan jasa, cara penggunaan produk, dan cara perawatan produk secara jelas dan rinci. Dan untuk menarik minat pembeli, cantumkan manfaat-manfaat yang paling dibutuhkan oleh pembeli berdasarkan hasil analisis terhadap target pasar Anda. Namun pastikan deskripsi produk ringkas dan tidak bertele-tele agar deskripsi produk mudah dipahami.
3. Fokus Pada Manfaat Bukan Hanya Fitur Atau Produk
Pembeli cenderung lebih tertarik pada manfaat yang akan mereka dapatkan dibandingkan hanya mendengar tentang fitur produk. Alih-alih hanya menyebutkan bahan atau komponen produk, jelaskan bagaimana produk tersebut dapat memecahkan masalah mereka atau meningkatkan kualitas hidup mereka. Gunakan kata-kata yang dapat menarik perhatian, membangkitkan emosional, dan menginspirasi calon pembeli. Misalnya, "Handphone ini dilengkapi dengan kamera 12 MP, memungkinkan Anda untuk mengambil foto yang jernih dan tajam, bahkan di kondisi pencahayaan rendah.â€
4. Optimalkan SEO dan Kata Kunci yang Memikat
Pemilihan kata sangat penting dalam deskripsi produk. Maka itu, pilih kata kunci yang tepat dengan cara mengidentifikasi kata yang paling sering dicari oleh calon pembeli terutama pada perayaan atau hari raya tertentu yang berdampak pada tren belanja. Kemudian, gunakan kata kunci tersebut pada deskripsi produk Anda. Selain itu, gunakan kata-kata yang mengandung daya tarik emosional untuk membuat pembeli merasa produk tersebut sangat dibutuhkan. Kata-kata seperti “terbatasâ€, “eksklusifâ€, “terbaik†atau “terpercaya†dapat memberikan rasa urgensi dan kredibilitas.
5. Jangan Lupa Call To Action
Setelah Anda memberikan informasi lengkap tentang produk, pastikan untuk menambahkan Call to Action (CTA) yang jelas. Ajakan ini mengarahkan pembeli untuk segera melakukan pembelian atau tindakan lain yang Anda inginkan. Misalnya : "Pesan sekarang dan dapatkan diskon 20% untuk pembelian pertama Anda!"
6. Cantumkan Sertifikat Produk
Pada Platform PaDi UMKM, pada bagian deskripsi produk, Anda bisa mencantumkan sertifikat Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) jika memilikinya untuk menunjukkan persentase kandungan lokal dalam suatu produk atau jasa yang diproduksi di Indonesia. Hal ini bisa menjadi nilai tambah produk Anda di mata calon pembeli.
Maksimalkan deskripsi produk Anda di PaDi UMKM untuk menarik minat , meningkatkan kepercayaan calon pembeli, dan keuntungan dari transaksi di PaDi UMKM! Selain itu, Anda juga dapat mengunjungi halaman informasi mengenai tips-tips menarik lainnya mengenai penjualan di PaDi UMKM. Serta, kunjungi laman Instagram PaDi UMKM untuk mendapatkan informasi terbaru.