Lindungi Data Akun Anda, Perhatikan Fitur Keamanan PaDi UMKM!

By Admin

09 Mei 2025, 14:50

Bagikan:

lindungi-data-akun-anda-perhatikan-fitur-keamanan-padi-umkm

Di era digital, keamanan data pribadi menjadi tanggung jawab dan prioritas bagi pemilik akun tersebut. Keamanan digital bukan hanya tugas penyedia platform, tapi juga tanggung jawab setiap pengguna. Keamanan akun adalah hal yang penting di dalam penggunaan platform, seperti PaDi UMKM. PaDi UMKM hadir sebagai platform digital yang menjembatani pelaku UMKM dengan pasar BUMN. Dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan, tak dapat dipungkiri bahwa platform ini menyimpan berbagai data penting yang sangat berharga. Oleh karena itu, sebagai pengguna PaDi UMKM diharapkan bisa menjaga dan jangan sampai hal kecil membuat akun Anda disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Sumber: Freepik


Kenali Fitur Keamanan di PaDi UMKM

PaDi UMKM menghadirkan beberapa fitur keamanan yang ditujukan sebagai perlindungan terhadap pengguna. Dengan memanfaatkan fitur keamanan di PaDi UMKM dan meningkatkan kesadaran pribadi, Anda bisa melindungi akun, data pribadi, dan transaksi bisnis Anda dari risiko penyalahgunaan. Agar terhindar dari risiko penyalahgunaan akun, PaDi UMKM telah menyediakan sejumlah fitur keamanan yang dapat membantu Anda menjaga kendali penuh atas akun dan data pribadi. Yuk, simak penjelasan di bawah ini!

1. Prosedur Perubahan Nomor HP dan Verifikasi OTP

Nomor HP yang terdaftar di akun PaDi UMKM merupakan elemen penting dalam sistem keamanan, terutama untuk menerima OTP (One-Time Password). Oleh karena itu, perubahan nomor HP tidak bisa dilakukan sembarangan. Sebagai Pembeli, jika Anda ingin mengganti nomor HP di akun PaDi UMKM, bisa dilakukan secara mandiri dengan proses verifikasi via OTP atau kode pin. Setiap perubahan data pribadi (Nomor HP) akan dikirimkan kode verifikasi perubahan nomor HP melalui Email pemilik akun. Langkah ini bertujuan untuk mencegah penyalahgunaan atau pengambilalihan akun secara ilegal.

2. Notifikasi Email Login Tidak Biasa

Setiap kali ada upaya login dari perangkat atau lokasi yang tidak biasa seperti login menggunakan device baru dan IP address berbeda, sistem PaDi UMKM secara otomatis akan mengirimkan notifikasi melalui email kepada Anda. Ini adalah fitur penting untuk mendeteksi potensi peretasan akun sejak dini. Notifikasi ini akan menyertakan informasi seperti:

  • Perangkat.
  • Alamat IP.
  • Waktu.

3. Fitur List Device Connected

PaDi UMKM memfasilitasi Anda dengan fitur list device connected, untuk memastikan Anda dapat memantau device apa saja yang terhubung ke akun PaDi UMKM tersebut. Anda dapat menghapus akses device yang tidak dikenali, dengan melakukan klik logout semua perangkat jika menemukan daftar yang bukan milik Anda. Dengan fitur ini, memberikan kontrol penuh kepada Anda atas keamanan akun, di mana pun dan kapan pun. Informasi yang akan ditampilkan dalam fitur list device connected, mencakup:

  • Nama Perangkat atau Device.
  • Aplikasi.
  • Lokasi Akses.
  • Waktu Terakhir Login.

4. Akun Pengguna Terkunci Sementara

Dalam kondisi tertentu, akun Anda dapat mengalami penguncian sementara. Hal ini bisa disebabkan pengguna yang tidak sadar bahwa sudah salah memasukkan kata sandi sebanyak 3-4x, sampai akun terkunci 1 (satu) hari. Anda bisa memulihkan akses melalui prosedur, sebagai berikut:

  • Menyampaikan keluhan melalui Customer Service (CS).
  • Melakukan atur ulang kata sandi.
  • Memasukkan kode OTP yang dikirim.
  • Login dengan kata sandi baru.

5. Akun Pengguna Terblokir

Berbeda dengan kondisi akun terkunci sementara sebelumnya, untuk akun yang terblokir tidak akan bisa mengakses aplikasi PaDi UMKM. Akun bisa dipulihkan dengan langkah berikut:

  • Pengguna melaporkan ke customer service (CS) terkait kendala.
  • Customer service melakukan verifikasi data seperti alamat email, nomor handphone, dokumen dan data transaksi terakhir.
  • Permintaan pembukaan akun terblokir diproses.
  • Akun dapat diakses kembali.

6. Aturan Kata Sandi Terbaru

Kata sandi merupakan "gerbang utama" untuk menjaga akun Anda dari potensi peretasan. Oleh karena itu, penting bagi Anda memastikan kata sandi yang digunakan tidak lemah atau mudah ditebak. Anda dapat mengubah sandi secara berkala untuk memastikan bahwa keamanan akun terjaga. PaDi UMKM juga memiliki fitur Lupa Kata Sandi, untuk membantu Anda apabila mengalami hal tersebut. Tujuan adanya aturan kata sandi, di antaranya:

  • Mencegah penggunaan kata sandi yang lemah.
  • Meminimalkan resiko peretasan.
  • Meningkatkan kesadaran pengguna terhadap keamanan akun. 


Sebagai pengguna, Anda memiliki peran besar dalam menjaga keamanan dengan tetap waspada, tidak membagikan informasi sensitif, dan memanfaatkan fitur-fitur yang telah disediakan secara optimal. PaDi UMKM menyediakan fitur keamanan sebagai upaya dalam melindungi akun, namun tanpa kesadaran dari Pembeli, fitur ini tidak akan bekerja secara maksimal. Mari jaga keamanan data dan akun Anda, untuk menciptakan kenyamanan dalam bertransaksi di PaDi UMKM.

Kunjungi laman instagram resmi PaDi UMKM, untuk mendapatkan informasi ter-update lainnya.


Artikel Lainnya